sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
Selasa, 24 Nov 2020 12:57 WIB

Dareu EK810, si manis untuk gamer girls

Dilengkapi dengan Mechanical Switch, Dareu EK810 merupakan salah satu keyboard gaming sub Rp500 ribu yang patut dipertimbangkan.

Dareu EK810, si manis untuk gamer girls
Dareu EK810

Beberapa waktu lalu, tim Tek.id baru saja membahas sebuah mouse dari Dareu yang memang ditujukan untuk para gamer wanita, yakni Dareu EM908. Nah, untuk mendampingi mouse tersebut, Dareu pun memiliki keyboard EK810, yang memiliki tema yang sama.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas keyboard tersebut. Jadi, kalian para gamer girls dapat memutuskan apakah kalian dapat all out menggunakan peripheral berwarna pink dari Dareu atau tidak.

Kesan pertama kami melihat keyboard ini cukup bercampur aduk. Soalnya nih, ada banyak hal yang kami suka, namun juga ada beberapa hal yang tidak kami suka. Dan kami akan membagikannya pada ulasan kali ini.

Untuk pertama adalah soal kekokohan struktural. Kami suka dengan apa yang Dareu berikan di keyboard ini. Meski di bagian bawah terbuat dari plastik, namun bagian top plate nya dibuat dari material metal yang memberikan ketahanan untuk keyboard ini.

Tapi, kami ada sedikit usulan untuk Dareu. Finishing yang ada di plate metal ini kurang cocok dengan estetika dari keyboardnya. Menurut kami, keyboard ini akan tampil lebih manis jika mereka mengecat bagian metal tersebut menjadi warna putih.

Beralih ke bagian bawah, kita akan mendapatkan dua kaki untuk angle adjustment. Di bagian kaki ini terdapat rubber pad agar keyboard tak gampang tergelincir, begitu juga dengan di bagian bawahnya yang terdapat empat rubber pad yang cukup lebar.

Dan seperti kalian bisa lihat di bagian bawah, terdapat beberapa lubang pembuangan air. Jadi, dika kalian tak sengaja menumpahkan air, maka air yang masuk dapat keluar melalui lubang pembuangan tersebut.

Untuk estetika, kami merasa Dareu benar-benar spot on dalam memilih perpaduan warna putih dan pink, yang membuatnya terasa kalem. Keseimbangan warna antara pink dan putih juga terasa pas dan tak terlalu berlebihan.

Tapi, kami sangat suka dengan desain borderless dari keyboard ini. Meski merupakan tipe Full length, namun keyboard ini tetap terasa kompak dan tidak menghabiskan banyak tempat seperti keyboard pada umumnya.

Dan bagian yang paling kami pertanyakan adalah pemilihan LED di EK810 ini. Dareu memilih warna biru muda sebagai backlight di model ini. Padahal menurut kami, jika LED ini diubah menjadi soft pink, akan memberikan kesan feminim yang lebih cocok.

Selain itu, kita tidak dapat mengubah warna dari LED ini. Tapi, setidaknya para gamer dapat mengubah mode lighting dari 12 preset yang ada di Dareu EK810. Untuk mengaktifkannya, kalian harus menekan tombol Fn dan tombol Function 1 hingga 12 (F1 s/d F12) untuk mode lighting yang berbeda.

Untuk mode F12, kalian dapat meng custom lighting kalian sendiri, namun hanya sebatas menyalakan keycaps di keyboard saja. Selain itu, kalian juga dapat mengatur kecerahan LED dengan menekan tombol Fn dan “-” dan “+” yang ada di sebelah tombol Backspace.

Komplain terbesar kami untuk Dareu adalah minimnya instruksi di dalam paket penjualan. Selain itu, tidak adanya dukungan software membuat kami harus melakukan trial dan error untuk menemukan semua fitur di keyboard ini.

Sedangkan untuk fitur tambahan, Dareu memberikan empat tombol multimedia di bagian atas Numberpad. Pengguna akan mendapatkan shortcut volume up dan down, play/pause, serta shortcut ke aplikasi musik.

Beralih ke pengalaman penggunaan, Dareu menggunakan mechanical key untuk keyboard ini. Mereka menggunakan switch milik mereka sendiri, yang dinamakan Mechanical D-Switch yang diklaim tahan hingga 50 juta tekanan.

Kalian dapat memilih beberapa tipe switch berbeda, diantaranya adalah Blue, Red, atau Brown Mechanical D-Switch. Untuk unit yang kami uji kali ini adalah yang menggunakan Brown Mechanical D-Switch.

Untuk switch ini, memang memiliki feel seperti keyboard mechanical lainnya. Tapi sayangnya, ada perbedaan kenyamanan dalam penggunaan bahkan jika dibandingkan dengan keyboard yang berbasis Outemu Switch.

Switch ini sedikit agak berat dan keset sehingga kami harus menggunakan tenaga ekstra untuk mengetik di keyboard ini. Tapi, harus kami akui bahwa Spacebar di EK810 ini tidak mengalami wobble saat ditekan di semua lokasi, tak seperti beberapa keyboard lain di kisaran harga yang sama.

Tapi, secara keseluruhan, pengalaman penggunaan kami dengan Dareu Ek810 tidak terlalu mengecewakan, baik untuk gaming dan untuk digunakan kegiatan harian lainnya. Ditambah dengan harganya yang ada di kisaran Rp450 ribu hingga Rp500 ribu, keyboard ini layak untuk dipertimbangkan.

Ditambah dengan adanya pilihan switch yang cukup banyak, kalian dapat memesan keyboard dengan feel yang kalian sukai. Jadi, kalian dapat merasakan pengalaman gaming yang cukup baik menggunakan keyboard ini.

75
Dareu EK810
 
Keunggulan
  • Warna cocok bagi wanita
  • Harga terjangkau
  • Sudah menggunakan mechanical switch
 
Kekurangan
  • Tidak ada dukungan software
  • Minim informasi penggunaan
  •  

 

Share
×
tekid
back to top