sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 19 Jan 2022 11:30 WIB

ASUS ROG Maximus Z690 Hero, motherboard premium dengan fitur melimpah

ASUS menawarkan cukup banyak fitur premium di motherboard terbaru mereka, yakni ROG Maximus Z690 Hero.

ASUS ROG Maximus Z690 Hero, motherboard premium dengan fitur melimpah

Awal tahun biasanya jadi alasan banyak orang untuk membeli barang baru. Alasannya simpel, yakni untuk memberikan semangat untuk menyongsong tahun yang baru.

Dan untuk para gamer, salah satu hal yang biasanya jadi resolusi mereka adalah merakit komputer baru. Apalagi, Intel baru saja meluncurkan prosesor generasi ke-12 mereka, yakni Intel Alder Lake pada akhir tahun lalu, yang pastinya membuat gamer ingin melakukan upgrade secepatnya.

Tapi, seperti diketahui, Intel menggunakan soket baru untuk jajaran prosesor tersebut. Jadi, pengguna harus mencari motherboard dengan platform baru, yang menggunakan chipset seri 600.

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id kedatangan sebuah motherboard dari ASUS, yakni ROG Maximus Z690 Hero. Jujur saja, motherboard ini memiliki cukup banyak kelebihan dibanding dengan motherboard lain di pasaran.

Untuk desain sendiri, ASUS tidak terlalu banyak merubah tampilan dari motherboard ini jika dibandingkan dengan pendahulunya. Bedanya hanya terdapatnya sebuah layar LED besar yang berada di atas penutup back I/O. ASUS menyebut ini sebagai Polymo Lighting.

Selain di bagian back I/O, terdapat juga sebuah layar LED di bagian southbridge, yang terletak tepat di sebelah slot M.2. Jadi pengguna dapat mengkostumisasi komputer mereka sesuai keinginan mereka.

ASUS masih menggunakan heatsink berukuran besar untuk setiap komponen VRM yang ada di motherboard ini. Hal ini wajar mengingat motherboard yang satu ini ditujukan untuk para gamer dan overclocker.

Salah satu hal yang cukup menarik dari motherboard ini adalah hadirnya tombol khusus di sebelah RAM yang berfungsi untuk membuka kunci di slot PCIe. Seperti yang kalian tahu, lokasi ini memang sulit dijangkau apalagi saat ini GPU yang ada di pasaran berukuran besar. Jadi, adanya tombol ini sangat membantu bagi para gamer.

Satu fitur menarik lainnya yang ada di motherboard ini adalah fitur bernama M.2 Q-Latch. Fitur ini merupakan solusi ASUS untuk membantu memudahkan pengguna untuk memasang SSD M.2 tanpa harus menggunakan baut. Sebagai gantinya, mereka menggunakan kunci putar yang unik.

Dikarenakan masuk dalam kategori motherboard premium, ASUS memberikan banyak fitur di motherboard ini. Beberapa diantaranya seperti dukungan 20+1 power stages, tombol BIOS flashback, tombol clear CMOS, tombol power on board, dan lainnya.

Selain itu, dalam paket penjualan juga terdapat ROG Graphic Card holder serta ROG Hyper M.2 Card, yang merupakan perangkat yang menyediakan dua slot tambahan untuk M.2 SSD dan dilengkapi cover heatsink.

Hal lain yang didukung oleh motherboard ini adalah dukungan PCIe 5.0 yang hadir berkat dukungan prosesor Intel generasi ke-12. Selain itu hadir juga fitur Intel Turbo Boost Max Technology 3.0.

Terdapat juga empat slot RAM DDR5 dengan kapasitas maksimal 128GB. ASUS mengklaim ROG Maximus Z690 Hero ini dapat menjalankan RAM hingga kecepatan 6400MHz saat di overclock.
 
Motheboard ini menyediakan dukungan untuk lima slot M.2 serta enam port SATA 6Gbps. Lalu ada juga Intel 2.5Gb Ethernet serta dongle Intel WiFi 6E dan Bluetooth v5.3. Dan menariknya, pengguna juga akan mendapatkan lisensi gratis langganan AIDA 64 Extreme selama satu tahun.

Untuk harga sendiri, pihak ASUS belum memberikan informasi soal harga dari motherboard ini. Tapi menurut pantauan tim Tek.id di beberapa ecommerce, harganya ada di kisaran Rp10 juta-an. Cukup mahal sih, tapi sesuai lah dengan fiturnya.

80
ASUS ROG Maximus Z690 Hero
 
Keunggulan
  • Kaya fitur
  • RGB dimana-mana
  • Paket penjualan lengkap
 
Kekurangan
  • Harga premium
  •  
  •  

 

Share
×
tekid
back to top