sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 23 Apr 2024 13:56 WIB

Mood.camera: Aplikasi iOS yang menghadirkan pengalaman fotografi analog

Mood.camera menawarkan pengalaman unik dengan memungkinkan pengguna untuk mengganti filter retro dan menyesuaikan kualitas serta nada gambar melalui sebuah dial.

Mood.camera: Aplikasi iOS yang menghadirkan pengalaman fotografi analog

Di tengah perkembangan teknologi kamera ponsel yang semakin canggih, aplikasi baru di iOS bernama Mood.camera kembali menghadirkan sentuhan nostalgia fotografi analog. Dikembangkan oleh Alex Fox, aplikasi ini memperkenalkan cara baru dalam mengambil foto dengan gaya retro.

Dilansir dari techcrunch.com (23/4), Mood.camera menawarkan pengalaman unik dengan memungkinkan pengguna untuk mengganti filter retro dan menyesuaikan kualitas serta nada gambar melalui sebuah dial. Fitur-fitur dasar seperti pergantian lensa dan penyesuaian eksposur dapat dilakukan langsung dari layar utama. Namun, aplikasi ini tidak menyediakan pratinjau langsung hasil foto, yang menambah elemen kejutan pada saat foto "dikembangkan" seperti pada masa kamera analog.

Dalam wawancara dengan TechCrunch, Alex Fox mengatakan bahwa dirinya ingin para pengguna aplikasi fokus pada apa yang mereka lihat di bidik kamera, bukan pada efek yang akan dihasilkan. Oleh karena itu, Mood.camera dibuat tanpa fitur pratinjau live dan tidak memiliki fitur pengeditan foto atau kemampuan untuk mengimpor foto dari galeri.

“Dari era kamera Polaroid, fotografi terus berkembang mengutamakan kemudahan dan kontrol yang lebih besar. Namun, ada bagian dari 'keajaiban' fotografi yang terasa hilang,” ujar Fox.

Fox memulai pengembangan prototipe Mood.camera pada Oktober 2023 dan meluncurkan versi beta pada awal tahun ini di Reddit. Sejak itu, aplikasi telah diuji oleh komunitas fotografer yang membantu perbaikan berbagai fitur dengan mengambil lebih dari 100.000 foto.

Mood.camera tersedia untuk dicoba secara gratis selama tujuh hari. Setelah masa percobaan, pengguna bisa memilih untuk berlangganan bulanan dengan biaya $1.99 atau membayar sekali sebesar $14.99 untuk akses penuh.

Kehadiran aplikasi ini menambah daftar panjang aplikasi yang mencoba menghidupkan kembali esensi kamera retro. Walaupun aplikasi serupa seperti Lapse dan Dispo sempat menarik perhatian investor, pertumbuhan mereka mengalami perlambatan. Namun, dengan pendekatan yang lebih personal dan fokus pada pengalaman pengguna, Mood.camera berpotensi menjadi produk yang berkelanjutan dan sukses di pasar.

Tag
Share
×
tekid
back to top