LG tawarkan alternatif smartphone lipat

Alih-alih menghadirkan smartphone lipat, LG justru menawarkan alternatif dua layar melalui LG G8X. Smartphone ini akan hadir berpasangan dengan casing yang dilengkapi layar tambahan.

LG tawarkan alternatif smartphone lipat Source: TechRadar

Era kehadiran smartphone lipat kini kian dekat. Vendor seperti Samsung, Huawei dan Xiaomi bahkan sudah sempat memamerkan smartphone lipat mereka. LG pun demikian. Meski bukan berbentuk smartphone lipat, namun LG menawarkan layar tambahan untuk smartphonenya. 

Sebelumnya, beredar rumor kalau perangkat terbaru LG, yakni LG G8X akan hadir dengan layar tambahan. Layar tambahan itu ternyata hadir melalui sebuah casing untuk perangkat tersebut. Casing itu nantinya dapat dihubungkan ke perangkat LG G8X melalui koneksi USB Type-C. Dengan begini, pengguna bisa mendapatkan dua layar, alih-alih memakai smartphone lipat. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

LG daftarkan paten smartphone yang bisa digulung

LG punya konsep smartphone lipat tiga

Begini bocoran paten smartphone lipat terbaru LG


Pada casing ini, terdapat sebuah layar kecil berukuran 2,1 inci dengan panel OLED di bagian luarnya. Layar ini berfungsi untuk menampilkan notifikasi dan penunjuk waktu. Karena itu, layar OLED tersebut hanya mendukung tampilan monokrom saja. 

Begitu dibuka, akan terlihat sebuah layar pada sisi kiri casing tersebut. Ukuran dan desainnya sama persis seperti layar LG G8X, yakni 6,4 ini panel OLED lengkap dengan poninya.. 

LG bilang, desain ini diberikan untuk menonjolkan aspek simetri di antara kedua layar tersebut. Kendati begitu, ada kesimpulan yang menyebut bahwa LG tidak ingin membuat dua produksi layar yang berbeda pada casing ini. 

Engadget (6/9) melaporkan bahwa casing tersebut sudah mengantungi sertifikat IP68 dan standar militer MIL STD 810G. Pengguna bisa membuka casing ini hingga 360 derajat. Artinya, kedua layar itu bisa diposisikan saling membelakangi satu sama lain. Beberapa dukungan fitur pun diberikan pada casing ini. 

Pengguna bisa memanfaatkan salah satu layar sebagai keyboard. Tak hanya itu, salah satu layarnya juga dapat difungsikan sebagai gamepad, yang dapat didesain sesuai keinginan. Yang menarik, LG dan Navver sudah memodifikasi browser Chromium agar dapat mendukung tampilan di dua layar tersebut. Misalnya, ketika membuka Google, pengguna bisa mengetuk tautan di sana. Nantinya hasil tautan itu akan ditampilkan di layar kedua. 

Hal yang sama juga dapat dilakukan ketika berbelanja online di Amazon. Membuka Google Map sambil melihat Google Street View juga dapat dilakukan pada masing-masing layar. 

Di samping itu semua, LG G8X hadir dengan chipset Snapdragon 855 dengan dukungan RAM 6GB seperti pendahulunya. Bedanya, di versi ini LG memindahkan pemindai sidik jari di bawah layar. Kapasitas baterainya juga ditingkatkan dari versi sebelumnya, menjadi 4000mAh. Sebagai pembanding, LG G8 hadir dengan baterai berkapasitas 3500mAh. 

Beralih ke sektor kamera, terdapat dua kamera belakang dengan resolusi 12 MP yang dilengkapi dengan stabilizer OIS dan 13 MP kamera wide-angle. Di bagian depan, terdapat kamera 32 MP untuk melakukan selfie. Kendati begitu, ukuran fotonya dipadatkan menjadi 8 MP. 

Belum diketahui berapa LG akan menjual pasangan ini. Namun kecil kemungkinan bahwa LG akan memisahkan keduanya dalam paket penjualannya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: