sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
Senin, 15 Okt 2018 09:30 WIB

iPhone XS Max vs Galaxy Note 9, mana lebih boros baterai?

Diantara kedua smartphone flagship ini, mana yang lebih irit baterai? Apakah iPhone XS Max atau Samsung Galaxy Note 9?

iPhone XS Max vs Galaxy Note 9, mana lebih boros baterai?
iPhone XS Max vs Note 9 (PhoneBuff)

Apple menjanjikan daya tahan baterai iPhone terbaru yang jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain membawa baterai lebih besar serta penggunaan chip A12 Bionic, mereka juga mengatakan jika iOS 12 akan memiliki efisiensi daya yang lebih baik.

Kendati begitu, sampai sejauh mana klaim Apple dalam terealisasi? Seorang YouTuber bernama PhoneBuff (15/9) akhirnya menjajal kemampuan baterai dari iPhone XS Max. Tidak sendiri, namun perangkat tersebut diadu dengan salah satu smartphone flagship Android, yakni Samsung Galaxy Note 9.

Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda. Jika iPhone XS Max memiliki resolusi 2699x1242 pixel di layar 6,5 inci, Note 9 memiliki resolusi 2220x1080 pixel di layar 6,4 inci.  Begitu juga dengan baterai, dimana iPhone XS Max memiliki baterai 3174mAh, sedangkan Note 9 memiliki baterai 4000mAh.

Pengujian yang dilakukan pun cukup beragam. Yang pertama adalah mereka melakukan panggilan selama satu jam dengan menggunakan kartu SIM yang sama. Setelah melakukan panggilan, iPhone XS Max hanya menyisakan 97 persen baterai, sedangkan Note 9 turun hingga 95 persen.

Di tes kedua, kedua perangkat diuji melakukan percakapan melalui pesan dengan menggunakan kata-kata yang sama persis selama satu jam. Sayangnya, di sini iPhone XS Max lebih boros dengan menghabiskan baterai hingga di angka 84 persen, sedangkan Note 9 turun hingga 86 persen.

Lalu, kedua perangkat dites dengan cara mengecek email. Di sini, iPhone kembali menunjukkan penurunan baterai yang cukup signifikan. Jika Note 9 hanya turun ke angka 78 persen, iPhone XS Max turun hingga di angka 71 persen.

Begitu juga pada saat dilakukan tes browsing selama satu jam, iPhone XS Max turun hingga angka 55 persen sedangkan Note 9 turun hingga angka 68 persen. Begitu juga dengan tes Instagram, dimana iPhone XS Max turun hingga di angka 37 persen dan Note 9 turun hingga di angka 48 persen.

Pada saat melakukan tes menonton YouTube selama satu jam, baterai iPhone XS Max sudah ada di angka 19 persen, sedangkan Note 9 masih ada di angka 49 persen. Saat bermain gim selama satu jam, iPhone XS Max hanya menyisakan baterai satu persen, sedangkan Note 9 masih menyisakan 38 persen.

Kemudian mereka melakukan tes menggunakan Google Maps. Dengan sisa baterai 1 persen, iPhone XS Max hanya bertahan selama lima menit saja, sedangkan Note 9 berhasil bertahan hingga akhir, dengan menyisakan baterai 28 persen.

Terakhir, dengan sisa baterai yang ada, Note 9 berhasil bertahan saat mendengarkan lagu di Spotify selama 1 jam dengan sisa baterai 17 persen. Note 9 pada akhirnya mati setelah 40 menit melakukan browsing di Snapchat.

 

Share
×
img
×
tekid
back to top