iPhone dual SIM hanya untuk pengguna di China

Sumber internal Foxconn menyebut fitur dual SIM akan tersedia untuk iPhone berlayar LCD 6,1 inci dan hanya untuk pasar China

iPhone dual SIM hanya untuk pengguna di China

iPhone baru 2018 memang telah dirumorkan akan hadir dengan fitur dual SIM, dual standby. Fitur ini memang menjadi fitur yang biasa bagi smartphone Android, namun tak pernah diusung oleh Apple. Sayangnya iPhone yang akan mendukung fitur itu kabarnya hanya ditujukan bagi konsumen di China.

Berdasarkan laporan dari situs Taiwan, Economic Daily News, sumber internal Foxconn menyebut fitur dual SIM akan tersedia untuk iPhone berlayar LCD 6,1 inci. Dia mengatakan iPhone itu merupakan model unik untuk China.


BACA JUGA

iPhone terbaru di Indonesia paling murah Rp15 jutaan

Fitur Connect sudah tak ada di Apple Music

Apple makin serius rakit chip modem sendiri


Produksi iPhone baru sejauh ini berjalan dengan baik. Karyawan Foxconn menyebut Apple memproduksi empat nomor model unik (801, 802, 803, dan 804) untuk iPhone mendatang. Situs itu merujuk 801 dan 802 yang sesuai dengan iPhone 5,8 dan 6,5 inci. Sementara dua model sisanya adalah untuk iPhone LCD 6,1 inci.

Economic Daily News menyebut Apple berencana memperkenalkan iPhone dual SIM di China karena orang di negara tersebut umumnya memiliki lebih dari satu nomor telepon. Bahkan tiga hingga empat miliar konsumen disana menggunakan dual SIM sehingga banyak smartphone di China sudah mendukung fitur itu. Agar tetap kompetitif di pasar China dan menggoda pelanggan Android, Apple perlu mendukung fitur yang sudah lumrah tersebut.

Analis ternama Apple Ming-Chi Kuo juga telah menyebutkan bahwa Apple sedang mengerjakan dua model iPhone 6,1 inci. Satu diantaranya mendukung fitur dual SIM. Namun dalam analisisnya Kuo tak menunjukkan bahwa fitur itu terbatas di China.

Rumor terpisah dari rantai pasokan Tiongkok menunjukkan iPhone 2018 akan menampilkan SIM Apple yang disematkan serta slot SIM tradisional. Alhasil kemungkinan dual SIM yang tersedia untuk perangkat non-China akan menggunakan implementasi ini. SIM Apple sendiri kabarnya tidak tersedia di China sehingga perangkat untuk negara tersebut memerlukan slot SIM fisik.

Rumor sebelumnya menyebutkan iPhone 2018 akan menggunakan chip modem Intel XMM 7560 untuk meningkatkan kecepatan LTE. Namun rumor lainnya menunjukkan Apple juga kemungkinan memakai model X20 Qualcomm. Disisi lain Qualcomm menegaskan Apple tidak menggunakan chip modemnya untuk iPhone 2018.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: