Ini smartphone 5G yang akan rilis di Q1 2020

Para pabrikan ponsel seperti Xiaomi, Nokia, Oppo, Motorola, dan lainnya sudah mempersiapkan ponsel berteknologi 5G untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba terkoneksi.

Ini smartphone 5G yang akan rilis di Q1 2020 Source: Pexels

Tentu saja konektivitas 5G memberikan kecepatan yang lebih gesit dibandingkan 4G. Asosiasi global operator telekomunikasi (GSM Association/GSMA) menyebutkan bahwa kecepatan maksimal 5G dapat diraih hingga 20 GBps, lalu kecepatan rata-rata di angka 100 Mbps. Sebagai pembanding, kecepatan tertinggi yang bisa dicapai jaringan 4G adalah 300 Mbps hingga 1 Gbps, dengan kecepatan rata-ratanya berada di angka 15 hingga 50 Mbps.

Dengan demikian, bisa dibilang 5G siap untuk menjadi tren berikutnya di industri ponsel. Dilansir dari Businesss Insider, para pabrikan ponsel seperti Xiaomi, Nokia, Oppo, Motorola, dan lainnya sudah mempersiapkan ponsel berteknologi 5G untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba terkoneksi di tahun 2020. Berikut adalah pabrikan yang akan menghadirkan ponsel 5G di awal tahun ini.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Qualcomm tawarkan kerjasama pengembangan 5G di Indonesia

Huawei targetkan jual smartphone 5G terjangkau sebelum akhir 2020

Volvo kerja sama dengan operator Tiongkok demi mobil 5G


Xiaomi

Perusahaan ponsel asal Tiongkok ini dikabarkan telah mempersiapkan 10 ponsel berbasis teknologi 5G untuk tahun 2020. Meski demikian, Xiaomi telah mengonfirmasi bahwa Redmi dan Mi flagship mendatang akan mendukung 5G.

Sementara Redmi K30 akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 765 5G terbaru, Mi 10 akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 865. Xiaomi pun menyebut bahwa Mi 10 akan menjadi yang pertama menggunakan prosesor flagship keluaran Qualcomm itu. Oleh karenanya, Mi 10 kemungkinkan bakal meluncur pada Januari ini di Tiongkok dan diikuti oleh peluncuran global pada Febuari.

Nokia

HMD Global telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Nokia 5G pada tahun ini. Sayangnya perusahaan yang berbasis di Finlandia tersebut belum merinci lebih jelas nama model ponselnya secara lebih spesifik. Kendati demikian, ada beberapa fitur dan spesifikasi untuk melengkapi Nokia 5G mendatang, yakni System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 765 5G dan kamera berbasis lensa Zeiss, layar PureDisplay dan baterai yang diklaim mampu bertahan seharian.

Snapdragon 765 5G sendiri merupakan chipset yang menyasar ponsel Android non-premium. Tentu saja salah satu keunggulan prosesor mobile ini ada di dukungan 5G lewat modem X52 yang terintegrasi. Berbeda dengan Snapdragon 865 yang modem X55-nya terpisah. Teorinya, modem X55 lebih cepat dari X52 (7,2 Gbps vs 7,3 Gbps). Tetapi, pengalaman konektivitas 5G-nya relatif sama. Keunggulan 765 justru lebih hemat energi dibanding seri 865 yang diotimalkan untuk performa. Karena modem 765 terintegrasi, butuh lebih sedikit tenaga. Di jaringan 5G, dampaknya besar.

Oppo

Ponsel flagship 5G mendatang bakal ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 865. Ponsel 5G mendatang ini diprediksi akan menjadi sang penerus Reno Ace. Perusahaan asal Tiongkok tersebut mengatakan bahwa peluncuran resmi ponsel 5G terbarunya dijadwalkan untuk kuartal 1 tahun 2020.

Prosesor mobile Snapdragon 865 memang dipersiapkan sebagai ‘pengawal 5G global’ pada tahun 2020. Pada chipset flagship ini, Qualcomm tampaknya meniadakan integrasi modem langsung dalam chipset. Modem Snapdragon X55 5G harus secara khusus dikombinasikan dengan chip 865 oleh masing-masing pabrikan. Alasan paling masuk akal adalah thermal, dikarenakan modem seringkali bekerja dalam temperatur yang cukup tinggi. Jadi cukup wajar jika Qualcomm memutuskan untuk memisahkan keduanya.

Motorola

Motorola milik Lenovo juga diiformasikan telah masuk ke kancah ponsel berteknologi 5G dan mengumumkan kembalinya ke segmen ponsel flagship. Motorola mengonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan ponsel 5G dengan prosesor mobile Snapdragon 865 serta chipset Snapdragon 765 dari Qualcomm.

Samsung

Tahun ini akan ada Galaxy S11 yang memiliki konektivitas 5G demi memberi kecepatan berinternet. Berdasarkan beragam informasi yang tersebar, S11 bakal ditenagai oleh prosesor Samsung Exynos 9 Octa dengan kelengkapan RAM 8 GB ke atas. Layar yang dimilikinya berukuran 6,7 inci dengan resolusi 1440 x 3040 piksel, sehingga memiliki kerapatan piksel sekitar 501 ppi.

Sebagai ponsel flagship, tidak heran Samsung memberikannya teknologi layar Dynamic AMOLED, yang pada dasarnya adalah panel layar OLED dengan dukungan HDR agar kontras dan warna yang dimilikinya terlihat alami. Satu hal lagi yang patut diacungi jempol adalah bahwa kamera belakang S11 menggunakan sensor gambar beresolusi 108 MP. Secara teoritis, ini akan memberikan hasil gambar dengan tingkat detail yang lebih tinggi.

Ada yang menyebut ponsel flagship Samsung ini akan dirilis pada 18 Februari tahun ini. Ponsel ini akan hadir dengan layar berlubang namun dalam ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Note 10. Sayangnya belum ada bocoran lebih jauh terkait spesifikasi ponsel yang juga diduga disebut Galaxy S20 ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: