Ini alasan harus pakai smartphone dengan RAM besar

Ponsel kamu butuh RAM untuk mengerjakan semua tugas hariannya. Inilah alasan kenapa kamu butuh RAM besar.

Makin sering muncul smartphone baru, utamanya yang berbasis Android, makin besar RAM yang mereka usung. Kini konfigurasi RAM pada mesin smartphone nyaris sama dengan besaran RAM di laptop. Ada yang punya RAM sebesar 6GB-12GB.

Bagi yang belum tahu, RAM (Random Access Memory) merupakan ruang penyimpanan sementara dalam sistem smartphone kamu. Di sinilah data dari sebuah aplikasi yang sedang aktif, diolah terlebih dahulu. Data ini diproses dengan sangat cepat. Jadi saat kamu membuka gim misalnya, data yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi game tersebut, diolah di RAM. Kemudian CPU dan GPU memproses kebutuhannya untuk dikirimkan ke layar pengguna. Sehingga dengan begitu sebuah aplikasi berjalan dengan baik di atas smartphone.


BACA JUGA

Bocoran performa Snapdragon 855 Plus di Xiaomi Blackshark 2 muncul di Geekbench

Google akan sematkan kamera ToF di Pixel 4

Pengguna iPhone banyak yang hijrah ke Android


Kedengarannya sangat rumit bukan? Tapi intinya, makin besar RAM, kemampuan multi-tasking smartphone akan makin tinggi. Inilah yang membuat smartphone Android dengan RAM besar terasa lancar dalam pengoperasiannya.

Salah satu ponsel pintar dengan kemampuan manajemen memori yang baik adalah Oppo R17 Pro. Untuk diketahui Oppo R17 Pro menggunakan RAM 8GB di dalamnya dan ROM sebesar 128GB.

Tim teknis Tek.id menjalankan aplikasi Basemark OS II. Basemark OS II sendiri berguna untuk menjajal seberapa unggul performa sistem, memori penyimpanan, grafik, dan web browsing. Aplikasi ini menguji berbegai aspek perangkat dan menghasilkan skor keseluruhan objektif untuk perbandingan lintas platform dalam menjalankan tugas multi-tasking. Hasil uji yang didapatkan adalah 5892 untuk skor uji Sistem dan 2921 saat menjalankan pengujian Memori. Secara keceluruhan Oppo R17 Pro mampu menoreh angka benchmark 2703 poin.

Catatan log aplikasi GameBench juga menunjukkan Oppo R17 Pro memiliki kemampuan manajemen RAM yang sangat baik. Menurut benchmark, penggunaan kekuatan CPU hanya 7,5 persen dengan rata-rata penggunaan RAM 1.053 MB. Sementara saat diuji menggunakan game berat macam Asphalt 9, Oppo R17 Pro hanya menggunakan ruangan memori maksimal sebesar 1.282 MB di dalam RAM-nya. Angka ini sangat lega mengingat kapasitas RAM Oppo R17 Pro masih sangat lega untuk menjalankan aplikasi lain misalnya, sosial media, email, browsing, dan lain-lain.

Uniknya lagi di Oppo R17 Pro ada fitur manajemen memori khusus untuk para gamer. Menggunakan Game Space saat menjalankan game populer PUBG Mobile, RAM yang terpakai hanya 568MB. Pantas saat tim kami mengujinya bermain PUBG Mobile lama-lama, bermain PUBG Mobile lancar terus. Selain itu proses di CPU dan GPU tidak terlampau berat. Oleh karenanya, temperatur Oppo R17 Pro tidak cepat menghangat saat berlama-lama main PUBG. Biasanya, pemain lain dengan smartphone berbeda selalu mengeluhkan sendatan(lag) saat bermain PUBG Mobile. Pasalnya manajemen memori RAM smartphone lain mungkin tidak lebih baik. Tentu manajemen memori mempengaruhi performa pemrosesan di CPU dan GPU karena data yang diproses lebih berat dan memakan banyak ruang di dalam RAM.

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Editor :
Tek ID