sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
Selasa, 05 Mei 2020 12:01 WIB

Huawei P30 Pro New Edition akan hadir dengan layanan Google

Huawei sedang mempersiapkan kehadiran P30 Pro New Edition. Dengan sedikit perubahan, perangkat ini akan tetap menggunakan layanan Google.

Huawei P30 Pro New Edition akan hadir dengan layanan Google
Foto: Istimewa

Huawei kabarnya sedang mempersiapkan peluncuran Huawei P30 Pro New Edition. Kendati saat ini perusahaan Tiongkok tersebut tidak bisa menggunakan layanan Google pada smartphone barunya, namun tidak dengan seri ini. Huawei P30 Pro New Edition akan hadir dengan dukungan layanan Google. 

Sebagaimana diketahui, pasca masuk dalam daftar hitam AS, kerja sama Huawei dengan perusahaan asal Amerika Serikat atau yang menggunakan teknologi dari negeri Paman Sam itu dibatasi. Salah satu dampak yang harus dirasakan adalah hilangnya dukungan layanan Google di smartphone buatan Huawei. 

Karena hal itu, smartphone model baru yang meluncur setelah pembatasan itu tidak bisa menggunakan layanan Google. Huawei pun menggunakan HMS untuk smartphone baru buatannya. Namun pembatasan itu tidak mempengaruhi perangkat yang sudah ada sebelumnya. 

Nah, inilah yang terjadi dengan Huawei P30 Pro. Ini merupakan flagship terakhir Huawei yang masih memiliki layanan Google di dalamnya. Langkah yang dilakukan Huawei pun cukup cerdas untuk meluncurkan kembali Huawei P30 Pro dengan beberapa perubahan. 

Dilansir dari DigitalTrends (5/5), bukti adanya versi baru ini muncul di situs Huawei Jerman. Langkah ini sebenarnya sudah pernah dilakukan Huawei di akhir 2019. Kala itu, perusahaan ini meluncurkan Huawei P30 Lite New Edition. 

Pada dasarnya, sejauh Huawei tidak memberikan banyak perubahan, termasuk chipset baru, perangkat ini masih mungkin untuk menggunakan layanan Google. Dalam kasus P30 Lite New Edition, perubahan itu terjadi di sektor RAM yang tadinya 4GB menjadi 6GB dan update EMUI 9.1. 

Untuk saat ini belum diketahui perubahan apa yang akan diberikan Huawei di perangkat rebranding-nya ini. Namun sampai saat ini, yang pasti Huawei akan kembali menggunakan Kirin 980. Kemungkinan besar skema penambahan RAM, memori internal, atau bahkan perubahan spesifikasi kamera dan desain akan diberikan pada seri ini. 

Yang pasti, Huawei tidak akan dapat menggunakan Kirin 990. Karenanya perangkat ini tidak akan bisa menawarkan opsi konektivitas baru seperti 5G atau fitur kamera seperti yang ada di Huawei P40 Pro. 

Share
back to top