sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
Kamis, 19 Mar 2020 16:37 WIB

Bocoran Kirin 820, chipset 5G mid range dari Huawei

Kirin 820 akan dibuat dengan fabrikasi 7nm dan Cortex-A76 sebagai inti besarnya serta dukungan koneksi 5G terintegrasi.

Bocoran Kirin 820, chipset 5G mid range dari Huawei
Source: Google

Kedatangan 5G mau tak mau harus membuat manufaktur mempersiapkan diri. Qualcomm sudah lebih dulu memulai inisiasi chipset 5G terintegrasi dengan meluncurkkan Snapdragon 865 dan Snapdragon 765. Huawei pun demikian. Perusahaan Tiongkok ini sudah menghadirkan Kirin 990. Nah kali ini, perusahaan itu dikabarkan sedang menyiapkan Kirin 820 untuk mengisi segmen mid range-nya. 

Rumor pun beredar di sekitar chipset ini. Dilansir dari Gizchina (19/3), Kirin 820 akan dibuat dengan fabrikasi 7nm dan Cortex-A76 sebagai inti besarnya. Konfigurasi yang sama sebenarnya bisa ditemukan di Kirin 810 dan 990 4G. Kendati begitu, model terbaru ini diklaim menawarkan ISP dan NPU yang sudah ditingkatkan jika dibandingkan dengan Kirin 810. 

Satu hal yang menarik adalah ini merupakan chipset pertama dari Huawei yang menggunakan GPU Mali-G77. Bahkan Kirin 990 yang ditujukan untuk seri premiumnya masih menggunakan GPU Mali-G76. Menurut ARM, Mali-G77 diklaim lebih cepat 120% hingga 140% bila dibandingkan pendahulunya. Tidak hanya itu, versi terbaru ini juga menawarkan efisiensi daya 30% lebih baik. 

Sebagai pembanding, Kirin 810 yang diluncurkan tahun lalu hanya menggunakan Mali-G52. Penggunaan GPU Mali-G77 diprediksi akan meningkatkan kemampuan smartphone kelas menengah Huawei dan Honor. 

Sayangnya sampai saat ini, Huawei belum mengungkap detail upgrade lain yang diberikan di Kirin 820. Perusahaan asal Tiongkok ini juga belum mengungkapkan kapan chipset ini akan hadir. Meski begitu, perusahaan ini memastikan bahwa smartphone kelas menengah Huawei dan Honor akan menggunakan chipset ini di masa depan. 

Untuk diketahui, salah satu manufaktur yang sudah menggunakan Mali-G77 adalah Samsung. Perusahaan Korea Selatan itu menggunakannya pada Exynos 990 yang tertanam di Galaxy S20 series. 

Share
back to top