Apple bakal kembalikan Touch ID di iPad murah

Touch ID dan jack headphone memang masih digunakan di iPad. Namun Anda tak akan menemukan fitur itu di iPad Pro.

Apple bakal kembalikan Touch ID di iPad murah (Foto: Pexels)

iPad Pro terbaru hadir dengan desain yang kekinian berkat bezel tipis dan fitur Face ID. Sebagai gantinya, iPad Pro menanggalkan fitur Touch ID dan jack headphone. Namun, rupanya tak semua pengguna merelakan hilangnya fitur itu dari iPad

Kabar baiknya, iPad generasi mendatang akan kembali mengadopsi dua fitur tersebut. Dilansir Mashable, sumber yang identitasnya tak disebut mengatakan, iPad entry-level baru tak akan melakukan perubahan desain eksterior. Harganya dibanderol sekitar USD329. Ini disampaikan sumber tersebut di blog penggemar Apple Jepang - Mac Otakara. 


BACA JUGA

Imbas perang dagang Amerika dan China, Apple alihkan produksi iPad dan MacBook ke Indonesia

Apple luncurkan MacBook Pro 2019, harganya mulai dari Rp26 juta

Ide Apple Card sudah ada sejak 2004


Touch ID dan jack headphone memang masih digunakan di iPad. Namun, Anda tak akan menemukan fitur itu di iPad Pro. Jika laporan ini akurat, maka iPad generasi mendatang akan kembali disertai dua fitur tersebut. 

Laporan ini menjadi kabar baik bagi pengguna yang kurang suka dengan fitur Face ID, atau diharuskan memakai EarPod maupun headphone nirkabel. Konsekuensinya, kembalinya fitur Touch ID dan jack headphone kemungkinan akan membuat bezel iPad Pro lebih tebal. 

Bezel tebal juga menjadi indikasi ukuran layar Retina iPad tak akan meningkat hingga 10,2 inci seperti dirumorkan sebelumnya. Analis TF International Securities Ming-Chi Kuo sebelumnya meyakini layar iPad entry-level akan meningkat dari 9,7 inci menjadi 10,2 inci. Jika bodi iPad tak berubah, maka perluasan layar itu bisa diwujudkan dengan menipiskan bezel dan menghilangkan tombol home.

Mac Otakara memang menjadi sumber yang andal untuk produk Apple yang belum dirilis. Namun sebagaimana rumor lainnya, laporan ini belum bisa dipercaya sepenuhnya hingga Apple mengumumkan produknya secara resmi. 

iPad dengan layar 9,7 inci saat ini memang punya konsep desain yang sama. Tak banyak perubahan yang dilakukan Apple sejak iPad Air yang dirilis pada 2013. Jika Apple meyakini iPad Pro menjadi masa depan tabletnya, maka sudah saatnya beberapa fitur kekinian juga diterapkan pada iPad model entry-level. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: