AI di kamera smartphone bukan kaleng-kaleng

Makin ke sini, makin banyak smartphone berfitur kecerdasan buatan. Perlu enggak sih smartphone kita pakai teknologi kecerdasan buatan?

Mesin kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sudah jadi tren sejak 2018 lalu. Kehadiran AI di smartphone menciptakan peluang baru dalam mobile fotografi serta pengembangan fitur baru di dalam smartphone yang belum ada sebelumnya.

Kuncinya ada di chipset yang dipakai smartphone. Oppo R17 Pro misalnya yang menggunakan chipset Snapdragon 710, mendapatkan keistimewaan fitur AI karena 710 dirancang setara Snapdragon 845.


BACA JUGA

Redmi Note 7 kini tersedia dalam versi RAM 4GB ROM 128GB

Fingerprint Nokia 9 PureView bisa dibobol bungkus permen karet

Kini smartphone bisa dijadikan alat pemindai ultrasonografi


Snapdragon 710 ini memang dirancang agar efisien menjalankan aplikasi AI. Pada Oppo R17 Pro, fungsi AI di dalamnya dimanfaatkan untuk improvisasi kemampuan foto dan video di kondisi cahaya redup.

Bicara kondisi pencahayaan yang bisa ditangkap kamera Oppo R17 Pro, kami sudah mengujinya dalam berbagai kondisi pencahayaan dan lingkungan. Kesimpulan kami, Oppo R17 Pro memiliki kemampuan yang baik untuk menghasilkan gambar di dalam maupun luar ruangan. Kondisi cahaya saat kami menguji kameranya pun beragam, pernah cerah, dalam ruangan kafe berlampu kuning, kondisi awan mendung, berawan, suasana magrib, sampai kondisi malam hari.

Diuji di kondisi malam, Oppo R17 Pro sangat optimal. Pasalnya ponsel ini mampu menghasilkan gambar dengan sangat baik walau pencahayaannya minim. Tidak sekadar kualitas lensa yang membuat foto malam hari tersebut jadi tetap memikat, tapi juga kemampuan AI di dalamnya yang membantu secara optimal.

Selain itu, beberapa tahun belakangan, smartphone dengan kamera ganda bermunculan. Produsen smartphone memang bergantung pada AI dan lensa lebih dari satu untuk menciptakan gambar selayaknya hasil foto kamera DSLR.

Dengan hadirnya kamera lebih dari satu seperti Oppo R17 Pro yang memiliki tiga kamera utama, mereka menawarkan kemampuan Depth of Field (bokeh) yang lebih baik lagi.

Kemampuan lainnya adalah, manajemen daya. AI di dalam Oppo R17 Pro juga membantu menghemat konsumsi daya perangkat ponsel. Hasilnya memang tampak saat melahap game. Efisiensi daya baterai di Oppo R17 Pro terbilang baik. Selama 60 menit bermain game Asphalt 9, kapasitas baterai berkurang hanya 25% saja.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: