sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Rabu, 03 Jul 2024 16:01 WIB

Tiongkok berhasil uji coba roket untuk transportasi vertikal jarak jauh di laut

Perusahaan peluncuran luar angkasa Tiongkok, Oriental Space, berhasil melakukan uji kritis untuk roket Gravity-1 mereka.

Tiongkok berhasil uji coba roket untuk transportasi vertikal jarak jauh di laut

Perusahaan peluncuran luar angkasa Tiongkok, Oriental Space, berhasil melakukan uji kritis untuk roket Gravity-1 mereka. Tes ini melibatkan pengangkutan roket dalam keadaan vertikal sepanjang 1.700 kilometer melalui laut di Tiongkok, yang mensimulasikan skenario peluncuran sebenarnya.

Dilansir dari Gizmochina (3/7), uji coba tersebut bertujuan untuk memastikan kemampuan roket dalam bertahan dalam kondisi laut yang buruk dan memverifikasi langkah-langkah keselamatan selama transportasi laut jarak jauh. Perjalanan sejauh 920 mil laut dari Dandong ke Lianyungang meliputi perakitan, pemuatan roll-on/roll-off, pengangkutan, pembongkaran, dan penurunan kapal.

Uji coba ini juga mengatasi tantangan logistik dengan berhasil memisahkan dan memasang kembali rakitan penutup satelit di halte pelabuhan. Inovasi ini memungkinkan prosedur docking yang lebih nyaman di lokasi peluncuran.

Kesuksesan pengujian tersebut membuka jalan bagi model “pabrik depan dan belakang” Oriental Space, dengan Pusat Perakitan, Integrasi, dan Pengujian yang baru selesai dibangun sebagai intinya.

Roket Gravity-1 sendiri memiliki kemampuan yang mengesankan. Sebagai kendaraan peluncuran berukuran sedang yang pertama di Tiongkok (dan di dunia), kendaraan ini dirancang untuk memberikan respons cepat dan penyebaran satelit kecil dan menengah dalam skala besar di orbit rendah Bumi. Ia menawarkan konfigurasi yang fleksibel dengan tahap inti, booster, dan opsi mesin yang dapat diganti untuk berbagai muatan.

Share
×
tekid
back to top