Teleskop Hubble berhasil ambil foto Mars dan Saturnus

Saturnus dalam posisi bertentangan dengan Bumi pada tanggal 27 Juni, dan Mars kini sedang meluncur ke arah itu

Teleskop Hubble berhasil ambil foto Mars dan Saturnus Source: ExtremeTech

Teleskop luar angkasa Hubble masih menghasilkan aneka foto menakjubkan meski telah beroperasi lebih dari 25 tahun. Foto-foto astronomi tersebut sangat bermanfaat untuk memajukan pengetahuan umat manusia. Dilansir dari ExtremeTech (28/7), baru-baru ini planet Saturnus dan Mars telah berada di posisi terdekat dengan Bumi, dan Hubble berhasil mengambil beberapa gambarnya.

Saturnus dalam posisi bertentangan dengan Bumi pada tanggal 27 Juni, dan Mars kini sedang meluncur ke arah itu. Ketika sebuah planet bertentangan dengan Bumi, itu berarti planet tersebut, Bumi, dan matahari berposisi sejajar. Selama waktu tersebut, planet itu memiliki jarak terdekat dengan Bumi, dan planet diterangi oleh matahari dari perspektif kita. Hubble dirancang untuk melihat objek yang lebih jauh dan lebih terang dari planet, jadi oposisi adalah waktu terbaik untuk mendapatkan gambar planet dengan Hubble.

Dalam foto baru Saturnus, Hubble berhasil menemukan 6 dari 62 satelit yang diketahui, yaitu Dione, Enceladus, Tethys, janus, Epimetheus, dan Mimas. Para astronom mengambil foto tersebut pada tanggal 6 Juni, beberapa minggu sebelum planet tersebut dalam posisi oposisi secara penuh. Jaraknya masih 1,5 miliar kilometer dari Bumi. Saturnus mendekati kemiringan maksimalnya ke arah Bumi. Bahkan Anda dapat melihat struktur awan heksagonal di sekitar kutub utara Saturnus.

Hubble berubah ke arah Mars pada tanggal 18 Juli, beberapa minggu juga sebelum oposisi. Planet ini masih cukup dekat untuk beberapa foto bagus yang diambil oleh Hubble. Saat ini planet merah tersebut sedang mengalami badai debu sehingga detil agak berkurang. Meski demikian, ini memberikan kesempatan untuk mempelajari badai debu Mars yang masih kurang dipahami.

Hubble sempat memotret kedua satelit Mars, Phobos dan Deimos, yang dapat dilihat di bagian bawah gambar. Ada awan yang terlihat di atas kutub selatan, dan bagian es utara terlihat jernih seperti siang hari. Kabut berwarna kuning yang menutupi sebagian besar planet ini adalah badai debu. Kawah Schiaparelli, Hellas Basin, dan Terra Meridiani semuanya terlihat di dekat bagian tengah Mars.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: