sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Selasa, 19 Mar 2024 15:06 WIB

Startup AS akan buka tambang helium di Bulan

Sebuah startup bernama Interlune sedang mencoba menjadi perusahaan swasta pertama yang menambang sumber daya alam Bulan dan menjualnya kembali ke Bumi.

Startup AS akan buka tambang helium di Bulan

Sebuah startup bernama Interlune sedang mencoba menjadi perusahaan swasta pertama yang menambang sumber daya alam Bulan dan menjualnya kembali ke Bumi. Interlune awalnya akan fokus pada helium-3 – isotop helium yang diciptakan oleh matahari melalui proses fusi – yang melimpah di Bulan.

Dilansir dari Engadget (19/3), Rob Meyerson, salah satu pendiri Interlune dan mantan presiden Blue Origin, mengatakan perusahaannya berharap dapat menerbangkan mesin pemanennya dengan salah satu misi komersial ke Bulan mendatang yang didukung oleh NASA. Rencananya adalah memiliki pabrik percontohan di Bulan pada tahun 2028 dan mulai beroperasi pada tahun 2030.

Interlune mengumumkan minggu ini bahwa mereka mengumpulkan pendanaan sebesar $18 juta, termasuk $15 juta dalam putaran terbaru yang dipimpin oleh Seven Seven Six, perusahaan ventura yang dimulai oleh salah satu pendiri Reddit, Alexis Ohanian. Sumber daya yang ditargetkan, helium-3, dapat digunakan di Bumi untuk aplikasi seperti komputasi kuantum, pencitraan medis, dan mungkin suatu saat nanti, sebagai bahan bakar untuk reaktor fusi. ​

Helium-3 terbawa ke Bulan oleh angin matahari dan diperkirakan tetap berada di permukaan dan terperangkap di dalam tanah, sedangkan saat mencapai Bumi terhalang oleh magnetosfer.

Interlune bertujuan untuk menggali tanah Bulan (atau regolit) dalam jumlah besar, memprosesnya, dan mengekstrak gas helium-3, yang kemudian akan dikirim kembali ke Bumi. Bersamaan dengan pemanen Bulan miliknya, Interlune merencanakan misi pendarat robotik untuk menilai konsentrasi helium-3 di lokasi yang dipilih di permukaan.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah,” kata Meyerson dalam sebuah pernyataan, “memanen sumber daya alam dari Bulan layak dilakukan secara teknologi dan ekonomi.” Tim pendiri termasuk Meyerson dan mantan Kepala Arsitek Blue Origin Gary Lai, astronot Apollo 17 Harrison H. Schmitt, mantan eksekutif Rocket Lab Indra Hornsby dan James Antifaev, yang bekerja untuk proyek balon ketinggian tinggi Alphabet, Loon.

Share
×
tekid
back to top