sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Jumat, 20 Okt 2023 07:52 WIB

Robot baru Amazon punya kinerja 75% lebih cepat dari pekerja manusia

Amazon baru-baru ini meningkatkan robot gudangnya, menjadikannya lebih cepat dari pekerja manusia. .

Robot baru Amazon punya kinerja 75% lebih cepat dari pekerja manusia

Kecerdasan buatan (AI) dan teknologi robotik semakin maju setiap hari. Oleh karena itu, kita sering menulis tentang robot yang dikembangkan oleh Boston Dynamics, Xiaomi, dan Samsung. Meskipun kita mungkin tidak melihat kemajuan ini dalam kehidupan sehari-hari selain penghisap debu robotik, dunia bisnis dengan cepat mengadopsinya. Misalnya, Amazon baru-baru ini meningkatkan robot gudangnya, menjadikannya lebih cepat dan lebih cerdas.

Platform belanja digital terbesar di dunia tersebut beroperasi di banyak negara. Yang membedakan perusahaan ini dari para pesaingnya adalah selain pasarnya yang terbuka, perusahaan itu juga memiliki gudang sendiri dan mendistribusikan produk dari gudang tersebut di lokasi operasinya.

Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga mengurangi waktu tunggu pengiriman. Misalnya, meskipun suatu produk lebih mahal di platform lain, banyak pelanggan lebih suka membelinya dari Amazon jika dijual di sana. Tentu saja, hal ini menghadirkan tantangan operasional lain bagi perusahaan: mengelola operasional gudang. Untungnya, Amazon mengatasi masalah ini dengan teknologi robotik dan AI.

Dilansir dari Gizmochina (20/10), Amazon telah mengumumkan sistem robotika baru yang disebut Sequoia. Ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kesehatan pekerja, serta menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. Sequoia adalah serangkaian sistem robotika terintegrasi yang mencakup robot bergerak, sistem gantry, lengan robot, dan stasiun kerja karyawan baru yang ergonomis.

Sequoia bekerja dengan membuat robot bergerak mengangkut inventaris dalam peti kemas langsung ke gantry. Gantry dapat mengisi kembali muatan atau mengirimkannya ke karyawan untuk memilih inventaris yang telah dipesan pelanggan. Sequoia memungkinkan Amazon mengidentifikasi dan menyimpan inventaris hingga 75% lebih cepat dibandingkan sebelumnya, dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk memproses pesanan melalui pusat pemenuhan hingga 25%.

Sequoia juga dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan pekerja. Sistem ini membawa muatan produk kepada pekerja pada ketinggian yang nyaman, antara paha dan dada. Hal ini mengurangi jumlah pembengkokan dan jangkauan di atas kepala yang harus dilakukan pekerja, sehingga dapat membantu mencegah cedera. Amazon mengatakan bahwa tingkat insiden yang tercatat turun 15% dan tingkat insiden waktu yang hilang turun 18% di situs Amazon Robotics pada tahun 2022, dibandingkan dengan situs non-robotika.

Share
×
tekid
back to top