sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
Rabu, 13 Mei 2020 19:28 WIB

Perusahaan Tiongkok punya robot anjing pesaing Boston Dynamic

Robot ini diinformasikan sangat tangguh dan dapat melakukan lompatan, jungkir balik, dan memiliki kecepatan berjalan hingga 11 km per jam.

Perusahaan Tiongkok punya robot anjing pesaing Boston Dynamic
Source: Gizmochina

Semakin lama robot semakin memiliki teknologi yang lebih berkembang. Banyak negara maju kini menjadi bagian dari revolusi robotika untuk penggunaan di industri, pertanian, dan berbagai sektor lainnya. Salah satu perusahaan robotik asal Tiongkok Unitree baru saja meluncurkan robot anjing. Dilansir dari Gizmochina (13/5), robot ini diberi nama Unitree A1 dan menyerupai robot Boston Dynamic.

Unitree A1 adalah robot anjing berkaki empat yang pertama kali mulai debutnya di Consumer Electronics Show (CES) 2020. Robot ini diinformasikan sangat tangguh dan dapat melakukan lompatan, jungkir balik, dan memiliki kecepatan berjalan hingga 11 km per jam. Ia dilengkapi dengan sensor khusus sehingga diklaim lebih efisien dalam mengambil keputusan.

Fitur utamanya meliputi performa kecepatan yang stabil sambil menjaga stabilitas yang unggulan. Ada pula kamera yang dapat mendeteksi kedalaman sehingga dapat menentukan objek yang presisi, kamera ini juga memungkinkan streaming Video HD secara real-time.

Robot ini memiliki kapasitas muatan 5 kg dan dilengkapi baterai berdaya tahan hingga 2,5 jam. Tidak ketinggalan pula 2 sistem operasi real-time agar dapat berjalan secara efisien tanpa masalah. Ada pula sensor tekanan di kaki yang membuatnya dapat berjalan lebih andal, efisien dan lancar.

Di dalamnya dilengkapi motor listrik sebanyak 4 buah yang digadang-gadang menghasilkan torsi sebanyak 22,5 nm. Masing-masing motor tersebut memiliki kecepatan maksimal 21 radian per detik. Setiap motor ini juga dapat bekerja secara terpisah untuk masing-masing kaki.

Struktur bodi yang ringan adalah beberapa aspek utama dari desain robot Unitree A1. Robot buatan perusahaan Tiongkok ini mengandalkan sensor tekanan di setiap ujung kaki yang membantu merasakan kondisi kontak secara real-time. Robot Unitree A1 dihargai kurang dari USD10.000 (Rp147 juta).

Share
back to top