Pengiriman barang via drone bakal jadi mainstream

Perusahaan pengiriman drone Wing sudah mendapatkan persetujuan dari FAA setelah memenuhi banyak persyaratan keselamatan.

Pengiriman barang via drone bakal jadi mainstream Source: Wing via The Verge

Perusahaan rintisan pesawat tanpa awak (drone) milik Alphabet, Wing, telah didapuk menjadi perusahaan pengiriman drone pertama yang mendapatkan persetujuan dari Administrasi Penerbangan Federal (Federal Aviation Administration/FAA) untuk melakukan pengiriman komersial di AS. Sebagaimana yang dilaporkan oleh Bloomberg, perusahaan tersebut mendapat persetujuan dari regulator AS setelah memenuhi banyak persyaratan keselamatan dari maskapai tradisional.

Wing memerlukan persyaratan dari FAA sebagai maskapai penerbangan jika ingin mengoperasikan drone pengirimannya. Peraturan FAA saat ini mencegah drone terbang di luar garis pandang operator, sementara lisensi untuk pengiriman otonom sebelumnya hanya diberikan untuk keperluan demonstrasi. Aturan iniĀ membuat perusahaan drone tidak punya izinĀ untuk menerima pembayaran akan layanannya. Memegang persetujuan FAA sebagai maskapai berarti membuat petunjuk keselamatan dan rutinitas pelatihan serta menerapkan hirarki keselamatan.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

FedEx akan segera kirim paket pakai drone

Peneliti andalkan drone untuk pelajari hutan Amazon

Drone baru dari Parrot punya headset kokpit


Dengan persetujuan tersebut berarti Wing, yang memiliki perusahaan induk yang sama dengan Google, dapat mulai melakukan pengiriman di Virginia dalam beberapa bulan mendatang, di mana mereka berencana untuk mengirim barang dari bisnis lokal ke komunitas pedesaan di Blackburg dan Christianburg. Wing akan dapat mengajukan permohonan izin FAA untuk memperluas operasi ke wilayah lain di masa mendatang.

FAA adalah regulator kedua yang memberi Wing lampu hijau untuk meluncurkan layanan pengiriman menggunakan drone komersial. Awal bulan ini, regulator Australia CASA memberikan startup ini hak untuk melakukan pengiriman di Canberra ke sekitar 100 rumah setelah melakukan percobaan selama 18 bulan yang berhasil melakukan tiga ribu pengiriman.

Bagi Wing, mendapatkan persetujuan FAA memakan waktu berbulan-bulan, tetapi prosesnya mungkin jauh lebih cepat untuk perusahaan pengiriman drone saat ini karena regulator telah menentukan aturan penerbangan mana yang sesuai untuk operator drone. Pesaing Wing, Amazon Prime Air, belum meluncurkan layanan komersial serupa meski telah melakukan demonstrasi publik pertama di AS pada tahun 2017. Demikian dilansir dari The Verge (23/4).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: