sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Kamis, 21 Mar 2024 17:06 WIB

Pasien Neuralink berhasil main catur lewat pikiran

Neuralink, perusahaan antarmuka otak-komputer (BCI), mendemonstrasikan seorang pria lumpuh yang berhasil bermain catur.

Pasien Neuralink berhasil main catur lewat pikiran

Masa depan interaksi manusia dengan komputer kini jauh lebih menakjubkan. Neuralink, perusahaan antarmuka otak-komputer (BCI) milik Elon Musk, menyiarkan secara langsung pencapaian yang luar biasa – seorang pria lumpuh bernama Noland Arbaugh berhasil memainkan permainan seperti catur dan Civilization hanya dengan menggunakan pikirannya.

Pengalaman Noland sungguh luar biasa. Selama siaran langsung, dia memandu bidak catur di layar dengan pikirannya, membuat penonton terkagum-kagum. “Jika Anda semua dapat melihat kursor bergerak, ya, itu saya (yang beroperasi),” kata Noland sebagaimana dilansir dari Gizmochina (21/3). "Ini sangat menarik. Keren, kan?”

Jadi, bagaimana tepatnya Noland mencapai prestasi ini? Teknologi Neuralink bekerja dengan menanamkan chip ke dalam otak yang menerjemahkan pola pikir menjadi sinyal digital. Dalam siaran langsungnya, Noland menjelaskan proses latihannya: “Saya akan mencoba menggerakkan tangan kanan, kiri, kanan, maju, mundur, dan kemudian, dari sana, bayangkan kursor bergerak.” Hal ini dengan sendirinya memberi tahu kita tentang hubungan yang dibuat Neuralink antara pikiran manusia dan perintah digital.

Demonstrasi ini merupakan lompatan maju yang signifikan dalam teknologi BCI. Keberhasilan Noland membuka jalan bagi masa depan di mana individu dengan kelumpuhan atau kondisi neurologis lainnya dapat memperoleh kembali kendali dan kemandirian melalui kekuatan pikiran mereka. Neuralink dengan tepat menamai produk pertama mereka “Telepathy”, yang mencerminkan ambisinya untuk menciptakan koneksi pikiran-mesin yang lancar.

Ini bukanlah percobaan pertama kali dari Neuralink dalam mengeksplorasi BCI. Pada tahun 2021 lalu, mereka memamerkan seekor monyet bernama Pager yang sedang memainkan video game menggunakan pikirannya. Namun, demonstrasi langsung Noland membawa langkah penting lebih jauh lagi, menunjukkan potensi teknologi ini dalam penerapannya pada manusia di dunia nyata.

Share
×
tekid
back to top