sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Minggu, 19 Nov 2023 15:52 WIB

OpenAI berencana terapkan ChatGPT ke pembelajaran siswa

OpenAI mencoba mengintegrasikan ChatGPT dengan pembelajaran siswa di sekolah. Usulan penggunaan ChatGPT dalam pendidikan membuka banyak kemungkinan.

OpenAI berencana terapkan ChatGPT ke pembelajaran siswa

Awalnya dipandang skeptis karena kekhawatiran akan praktik menyontek, ChatGPT kini sedang dipertimbangkan untuk diintegrasikan ke dalam ruang kelas. OpenAI, sebuah perusahaan yang didukung Microsoft, telah menyadari potensi ChatGPT dalam pendidikan Dilansir dari Gizmochina (19/11), perusahaan ini sedang berupaya memanfaatkan kemampuannya untuk pembelajaran.

ChatGPT, yang dikenal menghasilkan respons mirip manusia, dipandang sebagai ancaman terhadap integritas akademik. Para guru awalnya khawatir dengan kemungkinan siswa menggunakannya untuk menyontek. Namun, perspektif tersebut bergeser ketika para pendidik mulai melihat potensi manfaat kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan metode pengajaran dan pembelajaran siswa.

Usulan penggunaan ChatGPT dalam pendidikan membuka banyak kemungkinan. Ini dapat berfungsi sebagai tutor yang dipersonalisasi, menawarkan dukungan yang disesuaikan untuk siswa dengan gaya belajar berbeda. Bagi guru, ini bisa menjadi asisten yang berharga, membantu pengembangan kurikulum dan menghadirkan elemen kreatif ke dalam kelas, seperti menghasilkan narasi sejarah atau penjelasan ilmiah.

Salah satu manfaat utama ChatGPT adalah sifatnya yang tidak menghakimi, mendorong siswa untuk bertanya tanpa takut malu. Fitur ini dapat meningkatkan keterlibatan kelas secara signifikan, terutama bagi siswa yang ragu untuk berpartisipasi dalam lingkungan tradisional.

Namun, integrasi ChatGPT di sekolah bukannya tanpa tantangan. Masalah privasi, terutama bagi anak di bawah umur, memerlukan pertimbangan yang cermat. Dengan beragamnya undang-undang privasi online di seluruh dunia, memastikan penggunaan AI yang aman dan etis dalam pendidikan sangatlah penting. Inisiatif OpenAI untuk melibatkan para pendidik dan memberi tahu mereka tentang kemampuan ChatGPT dan potensi risikonya merupakan langkah ke arah yang benar.

Selain itu, kemitraan dengan organisasi yang berfokus pada pendidikan, seperti Khan Academy dan Schmidt Futures, menunjukkan komitmen OpenAI untuk menjadikan AI sebagai alat pendidikan yang berharga, khususnya di komunitas yang kurang terlayani.

Share
×
tekid
back to top