sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 09 Agst 2023 17:51 WIB

Nvidia siap luncurkan chip AI canggih tahun depan, GH200

Model AI yang kompleks membutuhkan GPU yang kuat agar sistem dapat membuat perhitungan yang diperlukan untuk menghasilkan teks atau foto berkualitas.

Nvidia siap luncurkan chip AI canggih tahun depan, GH200

Nvidia, yang sudah menjadi pemimpin pasar dalam menyediakan prosesor kelas atas untuk penggunaan AI generatif, akan merilis chip yang lebih canggih karena permintaan untuk menjalankan model AI besar terus berlanjut.

Perusahaan tersebut mengumumkan ketersediaan chip super GH200, yang menurut Nvidia dapat menangani "beban kerja AI generatif paling kompleks, mencakup model bahasa besar, sistem rekomendasi, dan database vektor".

Dilansir dari The Verge (9/8), GH200 akan memiliki GPU yang sama seperti H100, yang saat ini merupakan penawaran AI paling kuat dan populer dari Nvidia, tetapi kapasitas memorinya tiga kali lipat. Perusahaan asal Amerika Serikat itu mengatakan sistem yang berjalan pada GH200 akan dimulai pada kuartal kedua tahun 2024. Nvidia tidak mengumumkan harga GH200; tetapi lini H100 saat ini dijual sekitar $40.000 (Rp607 juta).

Model AI yang kompleks membutuhkan GPU yang kuat agar sistem dapat membuat perhitungan yang diperlukan untuk menghasilkan teks atau foto berkualitas. Menjalankan model-model ini membutuhkan banyak daya pemrosesan, dan bahkan dengan chip H100 Nvidia, beberapa harus "memecah" model di antara GPU lain hanya untuk menjalankannya.

Nvidia hampir memonopoli GPU berkemampuan AI generatif. Penyedia cloud seperti AWS, Azure, dan Google semuanya menggunakan GPU Inti H100 Tensor Nvidia dan menerapkan layanan untuk membantu klien membuat proyek menggunakan model bahasa besar dan berjalan untuk membedakan diri mereka sendiri.

Microsoft dan Nvidia juga bermitra untuk membangun superkomputer baru, meskipun Microsoft sendiri dilaporkan sedang membuat chip AI. Nvidia juga menghadapi persaingan dari AMD, yang ingin meningkatkan produksi GPU AI-nya sendiri pada kuartal keempat tahun ini.

Share
×
tekid
back to top