NASA temui planet seukuran Bumi

Data wahana luar angkasa TESS menunjukkan bahwa planet tersebut mengelilingi bintangnya setiap 7,8 hari.

NASA temui planet seukuran Bumi Source: NASA's Goddard Space Flight Center

Setelah meluncur satu tahun lalu, wahana Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA menemukan planet luar tata surya atau eksoplanet yang berukuran seperti Bumi. Planet ini diberi nama HD21749c yang berjarak hanya 53 tahun cahaya dari Bumi. Ada kemungkinan, planet ini tidak berpenghuni. Dilansir dari Engadget (17/4), temuan ini mampu memenuhi misi TESS untuk membuat katalog ribuan kandidat planet pengganti bumi.

Planet yang baru diidentifikasi ini adalah dunia terkecil dari tata surya kita yang telah dilihat TESS. Data wahana luar angkasa tersebut menunjukkan bahwa HD21749c mengelilingi bintangnya setiap 7,8 hari, artinya memiliki orbit ketat yang membuat suhu permukaan hingga 426 derajat Celcius.


BACA JUGA

Akhirnya kaki tiruan bekerja layaknya seperti kaki asli

Lem canggih ini bisa rekatkan organ yang terluka

Teknologi modifikasi gen dapat selamatkan pasien


Saat ini TESS telah menemukan 10 planet berukuran lebih kecil dari Neptunus, dan kemampuannya untuk menemukan planet adalah indikator yang baik bahwa ia mampu menemukan planet kecil lainnya.

Sebelumnya, pendahulu TESS, Kepler, kehabisan bahan bakar dan menjadi sampah antariksa. Wahana ini diinformasikan telah menemukan 2.662 planet, banyak di antaranya berukuran seperti Bumi. Tetapi karena planet tersebut sangat jauh, jadi agak sulit untuk dipelajari.

Di sisi lain TESS sedang mengamati planet yang lebih dekat dengan Bumi, jadi para ilmuwan dapat mempelajarinya, misalnya untuk menentukan massa planet. Selanjutnya tim astronomi di balik penemuan ini akan mencoba hal itu. Jika berhasil, kita bisa memiliki pengukuran massa pertama dari planet seukuran Bumi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: