NASA bakal cetak sejarah baru, Astronot wanita lakukan spacewalk

Sejarah baru bakal terjadi, NASA mulai bersiap untuk mengirim dua astronot wanitanya ke luar stasiun ISS.

NASA bakal cetak sejarah baru, Astronot wanita lakukan spacewalk Source: Google

Dunia astronomi bakal mencetak sejarah baru. Pasalnya NASA bakal mengirim astronot wanitanya untuk melakukan spacewalk. Spacewalk merupakan keadaan dimana astronot akan keluar dari stasiun luar angkasa. Biasanya hal ini dilakukan untuk melakukan perbaikan teknis yang tidak bisa diatasi oleh robot.

Dilansir dari Ubergizmo (7/3), para astronot wanita itu akan melakukan spacewalk pada 29 Maret mendatang. Adapun kedua astronot tersebut adalah Anne McClain dan Christina Koch. NASA menyatakan bahwa formasi ini bukanlah sesuatu yang disengaja.


BACA JUGA

Lem canggih ini bisa rekatkan organ yang terluka

Teknologi modifikasi gen dapat selamatkan pasien

Magnet bisa bantu perbaiki patah tulang


Seorang juru bicara NASA mengkonfirmasi bahwa pentingnya sejarah perjalanan ruang angkasa ini memang menunjukkan bahwa hal itu tidak dirancang untuk menjadi seperti ini.

Peristiwa ini dikatakan tidak disengaja karena seluruh astronot yang akan diterbangkan di akhir Maret merupakan anggota kelas 2013. Angkatan itu merupakan angkatan dengan jumlah anggota paling banyak. Setidaknya 50 persen anggotanya wanita.

Untuk diketahui, wanita Amerika pertama yang berhasil melakukan perjalanan ke luar Bumi adalah Sally Ride. Ia diterbangkan tahun 1983. Nah, sejak tahun 1983 itu, ini merupakan spacewalk pertama yang dilakukan oleh dua anggota wanita. Sebelumnya, spacewalk hanya dilakukan oleh astronot pria, atau kombinasi pria dan wanita. Anne McClain dan Christina Koch dikabarkan akan berada di luar stasiun ISS selama tujuh jam.

“Saya mendapati bahwa saya akan menyediakan dukungan untuk perjalanan luar angkasa wanita pertama dengan @AstroAnnimal dan @Astro_Christina dan saya tidak dapat menyembunyikan ketertarikan saya,” tulis Kristen Faciol, seorang teknisi NASA yang bakal menyediakan dukungan untuk astronot dari Bumi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: