Kamera tercepat di dunia bisa rekam 10 triliun fps

Kecepatan pemotretan dengan angka sebesar itu sangatlah cepat. Dengan demikian, T-CUP diklaim dapat melihat atau bahkan mempelajari hal yang bergerak yang sangat cepat seperti cahaya.

Kamera tercepat di dunia bisa rekam 10 triliun fps Source: INRS

Para peneliti berhasil menciptakan kamera tercepat di dunia. Kamera bernama T-CUP ini digadang-gadang dapat memotret gambar secepat 10 triliun frame per second (fps). Dilansir dari PetaPixel (15/10), perangkat tersebut dikembangkan oleh para ilmuwan di cabang INRS dari Université du Québec di Canada.

Dengan kecepatan 10 triliun fps, T-CUP berarti memiliki kecepatan dua kali lipat dibandingkan dengan rekor kecepatan yang dipegang oleh kamera sebelumnya. Tahun lalu, kamera bernama FRAME yang dikembangkan Lund University memiliki kecepatan 5 triliun fps. Sebelumnya, pada tahun 2011 Massachussetts Institute of Technology (MIT) juga memiliki kamera serupa.

Kecepatan pemotretan dengan angka sebesar itu sangatlah cepat. T-CUP diklaim dapat melihat atau bahkan mempelajari hal yang bergerak dengan sangat cepat, seperti memotret cahaya atau laser dalam gerakan lambat.

T-CUP memiliki terobosan baru dalam “memotret pergerakan laser atau cahaya secara real-time.” Kamera ini dapat memotret 25 frame dalam rentang waktu 1/1.000.000.000.000.000 detik. Oleh karena itu, kamera baru ini dapat memperlihatkan intensitas, bentuk, dan sudut kemiringan cahaya.

Memiliki rekor dunia untuk kecepatan pencitraan secara real-time, T-CUP juga dapat digunakan untuk mikroskop generasi baru dalam kegunaan biomedis, sains, dan aplikasi lainnya. Kamera ini bisa dibilang mewakili perubahan mendasar, sehingga memungkinkan untuk menganalisis interaksi antara cahaya dan materi lain.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Sains