Ilmuwan temukan teknologi peredam suara tipe baru

Sebagian besar hambatan suara saat ini adalah dinding tebal dan panel akustik. Teknik-teknik ini memang efektif, tetapi makan tempat dan berukuran besar.

Ilmuwan temukan teknologi peredam suara tipe baru Source: Pexels

Banyak suara di sekitar kita. Ada suara bising kendaraan. Ada pula musik-musik yang diputar di toko-toko agar menarik perhatian pengunjung. Intinya, Saat ini kita hampir tidak dapat menghindari suara mengganggu. Meski demikian ada bentuk baru yang ditemukan oleh para peneliti di Boston University yang menghadirkan ketenangan.

Para peneliti tersebut menyebut temuan ini sebagai “metamaterial akustik”. Dilansir dari Digital Trends (13/3), bentuk material tersebut bisa memblokir hingga 94 persen suara dengan memantulkan frekuensi tertentu kembali ke sumbernya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

NASA pamer pesawat listrik Maxwell

Peneliti tanam elektroda di otak demi obati kecanduan

Peneliti kembangkan teknologi untuk tajamkan gambar buram


“Akustik adalah bidang penelitian yang sangat tua dengan sejarah yang sangat kaya,” kata seorang insinyur proyek ini, Reza Ghaffarivardavagh.

“Munculnya teknologi fabrikasi baru dan kemajuan dalam alat komputasi telah membantu kami lebih memahami dan memanfaatkan interaksi gelombang akustik dengan benda padat rumit.”

Sebagian besar hambatan suara saat ini adalah dinding tebal dan panel akustik. Teknik-teknik ini memang efektif, tetapi berukuran besar, berat, dan tidak cocok untuk situasi yang membutuhkan aliran udara tanpa gangguan. Itulah alasan mengapa Ghaffarivardavagh dan insinyur mesin Xin Zhang mulai mencari teknologi kedap suara tetapi tidak memblokir udara.

Menggunakan pemodelan matematika dan pencetakan 3D, mereka mengembangkan metamaterial akustik. Material ini mampu menangkap dan memantulkan gangguan kecil di udara. Untuk menguji penemuannya, para peneliti menempatkan pengeras suara ke salah satu ujung pipa PVC besar dan menempatkan bahan metamaterial akustik di ujung lainnya. Metamaterial secara efektif memblokir 94 persen suara dari speaker. Penemuan ini dapat digunakan pada turbin drone atau sejenisnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: