sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Rabu, 17 Apr 2024 16:07 WIB

Boston Dynamics anggap robot Atlas sudah usang

Hampir 11 tahun setelah pertama kali memamerkan robot humanoidnya saat ini, Boston Dynamics menghentikan Atlas.

Boston Dynamics anggap robot Atlas sudah usang

Hampir 11 tahun setelah pertama kali memamerkan robot humanoidnya saat ini, Boston Dynamics menghentikan Atlas. Robot yang didanai DARPA ini dirancang dengan mempertimbangkan misi pencarian dan penyelamatan, dengan gagasan bahwa robot tersebut akan dapat memasuki area yang tidak aman bagi manusia untuk melakukan berbagai tugas.

Namun, Atlas menjadi sedikit terkenal berkat video yang memamerkan gerakan tariannya yang apik serta kekuatan, ketangkasan, dan keseimbangan yang mengesankan. Tepatnya, Atlas telah berpamitan dengan satu video YouTube terakhir.

“Selama hampir satu dekade, Atlas telah memicu imajinasi kita, menginspirasi generasi robotika berikutnya, dan melompati hambatan teknis di bidangnya,” demikian bunyi deskripsi YouTube. "Sekarang saatnya robot hidrolik Atlas kami beristirahat dan bersantai."

Dilansir dari Engadget (17/4), perpisahan Boston Dynamics dengan Atlas tidak hanya menunjukkan beberapa hal keren yang bisa dilakukan robot. Ini juga menampilkan sedikit blooper. Selain melemparkan tas peralatan dan melompat antar platform, Atlas terpeleset, tersandung, dan jatuh beberapa kali dalam klip tersebut — anehnya, hal itu membuatnya tampak lebih manusiawi.

Boston Dynamics tentu saja memiliki robot yang lebih sukses secara komersial, termasuk Spot. Namun, ini mungkin bukan akhir dari keseluruhan robot humanoid perusahaan. “Lihat kembali semua yang telah kami capai dengan platform Atlas hingga saat ini,” demikian bunyi deskripsi di video perpisahan. Dua kata terakhir tersebut menunjukkan bahwa Boston Dynamics belum selesai dengan sisi robotika.

Share
×
tekid
back to top