sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Sabtu, 29 Jun 2024 12:54 WIB

Baterai asal Tiongkok bisa tenagai pesawat listrik besar jarak jauh

CATL mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menguji terbang pesawat seberat 4 ton dengan tenaga baterai.

Baterai asal Tiongkok bisa tenagai pesawat listrik besar jarak jauh

Contemporary Amperex Technology Company Limited (CATL) saat ini adalah pemimpin dunia dalam manufaktur baterai untuk kendaraan listrik, menguasai 37% dari seluruh pangsa pasar. Hampir setiap produsen mobil besar, mulai dari Ford hingga Tesla, menggunakan baterai CATL.

Pada bulan April 2023, CATL mengumumkan "baterai terkondensasi" yang memiliki kepadatan energi dua kali lipat dibandingkan baterai apa pun yang ada di pasaran, yaitu 500 Wh/kg. Sebagai referensi, baterai mobil asam timbal pada umumnya dapat memiliki daya hingga 50 Wh/kg, sedangkan baterai lithium-ion EV seperti yang ada di Tesla Model 3 dapat memiliki daya hingga sekitar 265 Wh/kg.

Perusahaan mengatakan baterai kental ini dirancang dengan mempertimbangkan keselamatan dan bobot – khususnya untuk kelas penerbangan, dengan harapan dapat digunakan untuk meningkatkan jangkauan pesawat yang ramah lingkungan.

Tiga bulan setelah pengumuman tersebut, CATL mendirikan divisi penerbangan, bermitra dengan Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC) – sebuah perusahaan penerbangan milik negara Tiongkok.

Dan segalanya telah bergerak sangat cepat sejak saat itu. Dilansir dari New Atlas (29/6), CATL mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menguji terbang pesawat seberat 4 ton dengan tenaga baterai. Penyimpanan baterai pesawat, konfigurasi mesin, data apa pun mengenai panjang penerbangan, ketinggian, atau kecepatan semuanya tampaknya merupakan rahasia negara yang dijaga ketat, namun ChinaDaily melaporkan CATL bertujuan untuk memiliki pesawat listrik komersial dengan jangkauan 2.000 hingga 3.000 km siap pada tahun 2027 atau 2028.

Pesawat berbobot 8 ton jauh berbeda dengan Boeing 737 yang berbobot 31 ton atau Airbus A320 berbobot 41 ton, namun Learjet 70/75 berbobot lebih dari 7 ton dan dapat terbang dengan sembilan penumpang di dalamnya, yang tampaknya pasar yang awalnya ditargetkan CATL.

Jarak jangkauan yang dijanjikan tersebut jauh melebihi pesawat penumpang bersih yang saat ini terbang. Bahkan konsep pesawat listrik bertenaga baterai yang futuristik seperti Elysian E9X menjanjikan jarak tempuh tidak lebih dari 1.000 km, dan kita tidak melihat adanya jaminan jangkauan yang mendekati angka ini bahkan jika menggunakan bahan bakar hidrogen cair – jadi jika CATL dapat melakukan apa yang diklaimnya, ini adalah memang merupakan lompatan besar dalam teknologi penerbangan.

Otoritas penerbangan Tiongkok telah menunjukkan kesediaan untuk memajukan transportasi udara listrik futuristik dengan mensertifikasi penuh operasi taksi udara eVTOL eHang bertahun-tahun sebelum regulator AS atau Eropa siap memberi lampu hijau pada pesawat komersial serupa di Barat.

Share
×
tekid
back to top