Astronom temukan lubang hitam terbesar di alam semesta

Astronom berhasil menemukan lubang hitam terbesar di alam semesta. Ukurannya diperkirakan lebih dari 40 miliar massa matahari.

Astronom temukan lubang hitam terbesar di alam semesta Source: NASA

Para astronom tampaknya tidak berhenti dalam usaha mereka untuk menemukan lubang hitam berukuran besar. Baru-baru ini, seorang astronom bernama Kianusch Mehrgan dan para koleganya dari Intstitut Max Planck berhasil menemukan lubang hitam terbesar yang pernah ada. 

Dilansir dari Engadget (12/8), lubang hitam yang diklaim terbesar di alam semesta ini terletak di pusat Holm 15A. Itu adalah sebuah galaksi dengan jarak sekitar 700 juta tahun cahaya dari Bumi. saking besarnya, ukuran lubang hitam ini diperkirakan dua kali lebih besar dari rekor sebelumnya. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Peneliti kembangkan teknologi untuk tajamkan gambar buram

Pesawat listrik ini bersuara lebih tenang dari penghisap debu

NASA segera uji coba pesawat bertenaga listrik


Jika dibandingkan, lubang hitam ini memiliki ukuran sekitar 40 miliar kali massa matahari dan 10.000 kali lebih besar dari lubang hitam terbesar yang ada di galaksi Bima Sakti. Untuk diketahui, lubang hitam terbesar di pusat Bima Sakti hanya berukuran 4,1 juta massa matahari. Yang dimaksud dengan massa matahari adalah satuan besar matahari, yakni  2×1030  kg. Ini merupakan satuan standar dalam ilmu astronomi. 

Tim tersebut mendeteksi lubang hitam itu dengan menggunakan susunan Very Large Telescope. Data tambahan dari observatorium di Chili membantu mereka untuk memetakan struktur Holm 15A dalam detail yang belum pernah terjadi sebelumnya, Hal ini membuat mereka mampu menjalankan simulasi unruk menjelaskan pembentukan galaksi dan pusatnya yang biasanya redup. mudahnya , lubang hitam itu sangat besar dan kuat. Diameternya diperkirakan mencapai 790AU (Astronomycal Unit). 1AU memiliki jarak sekitar 150 juta kilometer. Lubang hitam ini mampu menelan bintang terdekat atau bahkan melemparkannya ke tepian galaksi. 

Kendati begitu, lubang hitam yang baru ditemukan ini belum tentu meraih predikat sebagai lubang hitam terbesar di alam semesta. Sebuah studi tidak langsung menunjukkan adanya TON 618 yang besarnya diperkirakan mencapai 66 miliar massa matahari. Kendati begitu, penemuan lubang hitam ini dipandang dapat memperluas pemahaman manusia tentang skala alam semesta dan dasar-dasar pembentukan galaksi. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: