sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
Rabu, 15 Sep 2021 16:05 WIB

Urutan senjata terbaik di Apex Legends Season 10

Season 10 Apex Legend sudah dimulai, berikut urutan tier dari setiap senjata yang bisa Legend pakai.

Urutan senjata terbaik di Apex Legends Season 10
Source: Gamerant

Season 10 Apex Legend telah hadir, di mana para pemain masih ramai membicarakan Legend baru bernama Seer, karena dianggap terlalu overpowered atau OP istilah gamer sekarang. Namun, tidak hanya Legend baru saja, di Season 10 juga terdapat senjata baru untuk kategori Light Machine Gun (LMG) yaitu Rampage. Beberapa senjata juga diimbangi untuk memengaruhi perubahan meta. 

Dilansir dari Gamerant, berikut tier list senjata Apex Legends dari yang paling bagus hingga kurang bagus sesuai dengan urutannya yang disusun berdasarkan alfabet. Sebagai catatan, urutan senjata Apex Legends ini dinilai tidak berdasarkan pada attachments ataupun hop-ups.

Tier S

Alternator

Siapa yang menyangka Alternator bisa kembali mendapatkan tier paling tinggi di gim ini. Mungkin hal ini berkat kelebihan Alternator yang memiliki fitur ikonik yakni Disruptor Rounds dari Apex Legends season 2 serta berada di Care Package. Dengan Disruptor Rounds, Alternator merupakan satu-satunya senjata yang bisa memberikan damage tambahan untuk shields yang bisa menguntungkan, meskipun tidak sekuat seperti di season 2.

    

R-99

R-99 dikenal dengan tembakan pelurunya yang cepat, recoil yang berat, dan damage yang tinggi. Senjata ini sangat bergantung pada bakat pemain, karena apabila tembakan sering meleset, maka kalian bisa saja menerima damage dari lawan karena menggunakan senjata ini harus berada di jarak yang dekat. Intinya, jangan meleset saat menggunakan senjata ini.

 

Spitfire

Sejak Prowler tak lagi bisa didapatkan dari Care Package karena digantikan dengan Spitfire, Respawn Entertainment pastinya punya alasan. Spitfire memiliki jumlah peluru yang terbatas dari Care Package, namun Spitfire dapat menembak dengan kecepatan yang cukup tinggi dan ideal untuk dipakai bertempur dalam jarak yang lumayan jauh serta tetap memberikan damage yang tinggi. Senjata ini menjadi ancaman di dua season sebelumnya, kemungkinan hal itu bisa terulang di season 10.

 

Volt

Sejak hadir di season 6 hingga sekarang, Volt masih menjadi kompetitor R-99 karena keduanya bisa menembak dengan cepat dan damage yang dihasilkan cukup besar. Namun sama seperti R-99, perlu keahlian khusus untuk bisa mahir menggunakan senjata ini. Stabilitas dari senjata ini juga susah digunakan pada jarak tertentu sehingga Volt dikategorikan sebagai Submachine Gun (SMG). Meskipun begitu, Volt merupakan Energy Weapon yang bisa menghasilkan damage yang cukup tinggi, apabila pemain memiliki bakat untuk menggunakan senjata ini.  

 

Tier A

Flatline

Flatline merupakan senjata yang mudah dipakai serta dapat diandalkan di Apex Legends. Flatline merupakan assault rifle dengan peluru yang berat untuk memberikan damage yang besar. 

     

Hemlock

Hemlock merupakan senjata yang serba guna sampai saat ini. Senjata ini bisa menyemburkan tiga peluru atau single fire yang dapat diatur selama permainan berlangsung. Senjata ini memiliki damage yang solid dan jangakuan menengah, sehingga bisa menjadi pilihan kepada pemain yang mengincar senjata dengan jarak menengah dan bisa memberikan damage yang besar.

 

Kraber

Kraber merupakan senjata yang belum pernah keluar dari Care Package sejak pertama kali diluncurkan. Kraber juga menjadi senjata yang bisa menghabisi Legend apapun dengan sekali headshot dan mengabaikan armor dan helmet Legend, pengecualian ‘Arm Shield’ dari Gibraltar. Alasan Kraber berada di tier A karena pelurunya yang sangat terbatas.

 

Peacekeeper

Peacekeeper merupakan senjata yang kuat berkat damage yang besar dan bisa dikontrol dengan mudah, serta kemampuannya untuk mengaktifkan mode ‘Precision Choke’. Sebagai senjata shotgun, Peacekeeper memiliki jangkauan efektif yang tinggi yang membuat senjatanya bisa dipilih untuk situasi apa pun.

 

Prowler

Meskipun keluar dari Care Package, Prowler masih menjadi senjata yang kuat. Prowler memiliki keunggulan dalam hal kecepatan tembakan, di mana Prowler dapat menyemburkan five-round burst yang dapat menyerang musuh terdekat dengan damage yang mematikan.

 

R-301

R-301 telah menjadi senjata yang konsisten di segala mode permainan Apex Legends. R-301 memiliki recoil yang halus, damage yang solid, jangakauan yang bagus untuk sebuah senjata assault rifle, dan kemampuan untuk ganti menjadi single-fire apabila terdapat Anvil Receiver. Oleh karena itu, R-301 bisa berguna dan ideal dipakai di situasi apa pun.

 

Rampage

Rampage merupakan senjata baru di season 10 Apex Legends. Senjata ini memiliki kemampuan seperti senjata Devotion dan Spitfire. Kecepatan menembak yang setara dengan Devotion, tetapi dapat menghasilkan damage yang tinggi dengan jangkauan yang cukup. Pemain bisa menggunakan ‘Thermite Grenade’ untuk meningkatkan kecepatan tembakan dan bahkan bisa menghancurkan pintu. Meskipun tanpa Thermite Grenade, senjata ini juga bisa menghabisi musuhnya dengan mudah.

 

Triple Take

Triple Take selalu menjadi senjata yang serba guna, unggul dalam jangkauan yang jauh dengan menggunakan ‘Precision Choke’, atau jangkauan yang dekat di mana three-round shot bisa memiliki peran sebagai Shotgun daripada Sniper. Walaupun kecepatan tembakannya yang biasa saja, Triple Take yang serba guna bisa menjadi senjata yang mengerikan dan bisa digunakan di sebagian besar map Apex Legends.

 

Tier B

30-30 Repeater

30-30 Repeater merupakan perpaduan antara senjata Triple Take dan G7 Scout. Single-fire rifle dari senjata ini bisa di-charge dengan membidik ke arah musuh untuk meningkatkan damagenya. Senjata ini menawarkan banyak kegunaan, seperti kecepatan menembak yang cukup cepat, atau bisa digunakan untuk melukai musuh jarak jauh.

 

Bocek

Satu-satunya senjata bertipe panah di Apex Legends yang keluar di season 9. Bocek menjadi senjata tier S saat season 9, tetapi sayangnya sudah di-nerf sehingga sekarang berada di tier B. Meskipun di-nerf, Bocek masih merupakan senjata yang kuat jika digunakan pada jarak idealnya. Berkat serangannya yang cepat, Bocek bisa memberikan damage yang cukup tinggi. Sayangnya, senjata ini tidak begitu efektif ketika digunakan pada jarak yang dekat.

 

Charge Rifle

Charge Rifle bisa dibilang merupakan senjata terunik di Apex Legends. Meskipun tidak sekuat seperti di gim Titanfall 2, Charge Rifle masih memberikan damage yang solid pada jarak yang jauh. Senjata ini memberikan damage yang kecil ketika dipakai sebagai senjata utama, tetapi dapat memberikan damage yang besar saat di-charge. Senjata ini juga cocok ketika dipadukan dengan scope panjang seperti 6x atau 4x-10x dan lebih bagus lagi ketika memiliki sight line yang panjang. Karena berupa sniper, senjata ini tidak cocok untuk digunakan pada jarak yang dekat, apalagi memerlukan waktu untuk di-charge juga.

 

Devotion

Devotion tanpa hop up Turbocharger bisa mengalami banyak kendala dibandingkan senjata LMG lainnya. Senjata ini memiliki fitur ‘Spin-up Timer’, tetapi ketika sudah berputar secara penuh dapat menembakkan peluru dengan sangat cepat.

 

G7-Scout

G7-Scout telah mendapat penyesuaian dibanding senjata lainnya. Awalnya dianggap sebagai sniper, kemudian assault rifle, terakhir marksman rifle. Ini dikarenakan G7-Scout memiliki tembakan peluru yang cepat yang menggunakan peluru ringan dan bisa digunakan di tengah-tengah area. 

 

HAVOC

HAVOC merupakan senjata assault rifle yang memiliki masalah yang sama seperti Devotion karena fitur ‘Spin-up Time’. HAVOC memiliki kapasitas peluru yang lebih sedikit dibanding Devotion. Senjata ini dapat memberikan damage yang solid, tetapi kurang terpakai saat defensif.

 

L-STAR

L-STAR merupakan senjata unik yang bisa meluncurkan proyektil energi yang besar dan memiliki magazine yang tidak terbatas. Walaupun masih memerlukan peluru, senjata ini tidak perlul di-reload, namun bisa mengalami overheat dan memerlukan beberapa waktu agar bisa dipakai lagi. Pemain yang bisa mengatasi mekanisme overheat L-STAR bisa memberikan damage yang tinggi dan cepat dalam jarak yang dekat. Namun, senjata ini kurang ideal dipakai bertempur pada jarak menengah hingga jauh bila dibandingkan dengan LMG lainnya. L-STAR mendapatkan buff di season 10, di mana senjata ini bisa menggunakan attachment barrel dan magazine.

 

Longbow

Saat ini Longbow merupakan senjata sniper tercepat saat menembak, kecepatannya berada di 78 RPM. Apabila pemakainya bisa menghitung jumlah tembakan yang diperlukan, Longbow bisa menghasilkan damage yang cukup serius karena multiplier headshot yang tinggi.

 

Mozambique

Mozambique dapat memberikan damage yang cukup besar, meskipun tidak menggunakan hop-up Hammerpoint Rounds. Senjata ini memiliki kapasitas magazine yang cukup besar di season 9. Secara keseluruhan, Mozambique merupakan senjata yang fantastis untuk menghabisi musuh dalam jarak yang dekat, terutama bila pemain bisa menangani spread dan pattern dari senjata tersebut.

 

Sentinel

Sentinel memiliki fitur unik yang bisa mengonsumsi dua ‘Shield Cells’ untuk memberikan damage tambahan kepada shield dalam waktu tertentu. Meskipun tidak memiliki fitur ini, kecepatan menembak Sentinel lebih lambat apabila dibandingkan Longbow, tetapi dapat memberikan damage yang signifikan.

 

Wingman

Kebanyakan pemain menggunakan Wingman sebagai senjata utama. Alasannya juga apabila pemain memiliki bakat untuk memakai Wingman, dapat memberikan damage yang cukup besar ketika melakukan headshot. Namun, ukuran magazine yang terbatas dan tiap peluru harus dihitung menjadi kekurangan dari senjata ini. Wingman bisa menjadi senjata untuk finishing musuh dibanding senjata yang lain.

 

Tier C

Masstif

Mastiff merupakan senjata yang tidak konsisten di Apex Legends meskipun pernah berada di Care Package. Tembakannya yang seharusnya mengenai musuh ternyata tidak, kalaupun mengenai musuh, damage yang dihasilkan tidak besar. Senjata ini juga tidak mendapatkan perubahan selama beberapa season. Senjata ini susah untuk dikuasai ketika pemain tidak bisa mengandalkan senjata lain untuk digunakan.

 

RE-45

RE-45 memiliki fitur rate-of-fire yang bisa dibandingkan dengan R-301, tetapi senjata ini merupakan pistol yang menghasilkan damage yang lebih kecil dari R-301. Senjata ini biasanya digunakan untuk melakukan finishing, tetapi sangat tidak direkomendasikan karena sudah ada R-301 atau R-99 yang lebih berguna.

 

Tier D

P2020

Meskipun P2020 sudah menerima buff beberapa kali, namun senjata ini masih tidak direkomendasi untuk dijadikan sebagai senjata cadangan bila dibandingkan dengan Mozambique ataupun RE-45. Meskipun tembakannya memiliki kecepatan yang lumayan, damage yang dihasilkan tidak bisa dibandingkan dengan senjata lain.

Itulah penjelasan dari tiap senjata di Apex Legends Season 10. 

Share
×
img
×
tekid
back to top