Pencipta SpongeBob SquarePants meninggal dunia

Pencipta serial kartun populer Nickelodeon “SpongeBob SquarePants”, Stephen Hillenburg meninggal dunia pada usia 57 tahun karena penyakit ALS.

Pencipta SpongeBob SquarePants meninggal dunia Source: Twitter

Pencipta serial kartun populer Nickelodeon “SpongeBob SquarePants”, Stephen Hillenburg baru saja meninggal dunia pada usia 57 tahun. Dilansir dari Variety (27/11), Penyebab kematian Hillenburg karena penyakit ALS yang telah didiagnosis sejak Maret tahun lalu.

“Kami sangat sedih dengan berita bahwa Steve Hillenburg telah meninggal dunia setelah pertempurannya dengan penyakit ALS. Dia adalah seorang teman yang sangat dicintai dan mitra kreatif untuk semua orang di Nickelodeon. Steve memberi SpongeBob SquarePants dengan rasa humor dan kepolosan unik yang telah membawa sukacita bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana pun. Karakternya yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan lama berdiri sebagai pengingat dari nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas,” kata Nickelodeon dalam sebuah pernyataan.

Hillenburg lulus dari Humboldt State University pada tahun 1984 silam dengan gelar sarjana Natural Resource Planning and Interpretation, terutama pada sumber daya laut. Dia kemudian menjadi guru biologi kelautan di Orange Country Marine Institute di Dana Point, California. Dengan ketertarikannya dengan laut dan makhluk laut, yang dikombinasikan bakat seni membuat menuntunnya menulis dan mengilustrasikan kisah sebagai alat pengajaran.

Hal ini yang kemudian membuat menjadi awal dari kisah SpongeBob dan penghuni Bikini Bottom. Dia memulai karir animasinya pada tahun 1987 silam, dengan mengejar gelar dalam Experimental Animation di California Institute of Arts di Valencia dan mendapat gelar Master of Fine Arts pada tahun 1992.

Pada tahun yang sama, Hillenburg juga memenangkan penghargaan untuk Best Animated Concept dalam Festival Animasi Internasional Ottawa. Penghargaan ini atas animasi pendek Wormholes, yang kemudian ditampilkan di berbagai festival animasi internasional. Sedangkan pada tahun 1993 hingga 1996, dia bekerja di televisi sebagai sutradara dan penulis pada serial Nickelodeon berjudul Rocko Modern Life.

Kemudian, dia mulai bekerja penuh dalam menulis, memproduksi, dan mengarahkan pada serial animasi SpongeBob SquarePants. Episode pertama dari SpongeBob SquarePants ditayangkan di Nickelodeon pada tanggal 1 Mei 1999. Hingga saat ini, serial animasi ini telah ditayangkan hampir 250 episode. Diklaim serial animasi ini bukan hanya menarik pemirsa kalangan anak-anak, namun juga pemirsa yang lebih tua.

Hillenburg juga menulis, memproduksi, dan mengarahkan film SpongeBob SquarePants yang tayang pada 2004 silam. Film ini berhasil meraup keuntungan sekitar USD140 juta dari seluruh dunia. Dia juga menulis cerita dan menjadi produser eksekutif dari film sekuel berjudul The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water, pada tahun 2015 silam.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: