Ilmuwan terinspirasi gim Galaga saat menamai hiu purba

Meski Galagadon hidup bersamaan dengan T.rex dan Triceratops sekitar sekitar 67 juta tahun yang lalu, hiu tersebut bukan jenis binatang raksasa seperti layaknya hiu paus (Rhincodon typus).

Ilmuwan terinspirasi gim Galaga saat menamai hiu purba Source: Velizar Simeonovski/Field Museum

Ahli paleontologi kabarnya telah menamai hiu prasejarah dengan nama yang terinspirasi dari gim klasik berjudul Galaga. Dilansir dari Engadget (23/1), para ilmuwan tersebut menyebutnya dengan Galagadon nordquistae. Inspirasi tersebut diputuskan karena giginya terlihat sedikit mirip seperti moncong pesawat ruang angkasa dalam gim tersebut.

Meski Galagadon hidup bersamaan dengan T.rex dan Triceratops sekitar sekitar 67 juta tahun yang lalu, hiu tersebut bukan jenis binatang raksasa seperti layaknya hiu paus (Rhincodon typus). Ikan prasejarah ini memiliki panjang hanya sekitar 30 hingga 45 cm. Giginya yang unik berukuran kurang dari satu milimeter.


BACA JUGA

Ilmuwan berhasil temukan molekul paling awal di alam semesta

NASA temui planet seukuran Bumi

Teknologi suara ultrasonik bisa ubah pikiran hewan


Dosen dari Carolina State University, Terry Gates, bersama sekarelawan karen Nordquist dengan cermat menyaring dua ton endapan yang tersisa setelah penemuan spesimen T. rex Sue yang terkenal di South Dakota. Mereka menemukan lebih dari dua lusin gigi Galagadon.

“Sungguh mengherankan bahwa kita dapat menemukan gigi hiu mikroskopis berlokasi di samping tulang-tulang predator terbesar sepanjang masa. Gigi-gigi ini seukuran butiran pasir. Tanpa mikroskop, pasti tidak ada yang mengetahui ini adalah gigi,” kata Terry Gates.

Galaga sendiri adalah gim arcade asal Jepang yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Namco dan oleh Midway di Amerika Utara pada tahun 1981. Gim ini merupakan sekuel gim Galaxian tahun 1979. Gameplay Galaga merupakan gim pengendalian pesawat ruang angkasa yang harus membasmi musuh aliennya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: