Mendorong implementasi demokrasi digital

Oleh: Nurfajri Budi Nugroho - Selasa, 05 Sep 2017 20:53 WIB

Demokrasi digital bukan model demokrasi baru, tetapi bagaimana mengubah praktiknya menjadi lebih baik.

(Ilustrasi: digital-agenda.co.uk)

Teknologi informasi telah mengubah berbagai cara dalam berdemokrasi. Belakangan kemudian muncul istilah demokrasi digital, di mana setiap aktivitas warga negara atau politik yang menggunakan jejaring internet diidentikkan dengannya.

Demokrasi digital bukanlah model demokrasi baru. Demokrasi digital adalah tentang bagaimana teknologi informasi mengubah praktik demokrasi menjadi lebih baik.

Ada beberapa karakter yang melekat, di antaranya adalah sifatnya yang interaktif dan proses komunikasi yang bersifat resiprokal, di mana semua warga negara bisa berdialog secara interaktif.

Di alam digital, relasi antara elite dan masyarakat menjadi semakin terbuka. Dalam hal ini kebebasan berpendapat menjadi kunci.

Di banyak negara maju, demokrasi digital telah bergerak menjadi kekuatan positif yang mampu menempatkan rakyat sebagai pemegang kekuasaan sesungguhnya untuk berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan dan anggaran. Praktik semacam inilah yang sejatinya mesti kita dorong tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Tag