XL SATU Fiber, layanan konvergensi dari XL untuk mudahkan konsumen

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 08 Jun 2021 17:05 WIB

Layanan terbaru yang menggabungkan XL Home dan XL Prabayar ini menawarkan kemudahan dalam penggunaan dan pembayaran, serta kebebasan dan fleksibilitas dalam memilih apa yang konsumen inginkan.

XL baru saja mengumumkan kehadiran paket internet baru yang bernama XL SATU Fiber. Ini merupakan sebuah layanan paket internet unik yang menggabungkan paket internet rumah dengan internet mobile.

Pihak XL mengatakan, ini merupakan sebuah upaya konvergensi layanan dari XL untuk memberikan layanan terbaik untuk para penggunanya. Dalam satu layanan ini, pengguna akan mendapatkan dua layanan berbeda dalam satu tagihan.

Tapi, apa sih konvergensi itu dan bidang mana saja yang menggunakan teknik tersebut, serta apa keunggulannya? Secara singkat, konvergensi adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. 

Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Dan hal inilah yang dilakukan oleh XL di XL SATU Fiber.

“Konvergensi di Indonesia telah dilakukan di beberapa industri, seperti di industri telekomunikasi, industri TI, dan industri media. Dan banyak sekali hal-hal yang mendorong konvergensi, seperti dorongan pasar, teknologi, dan ekonomi,” kata Lead of Product XL Home, Roy Wisnu Wibowo dalam acara yang dilaksanakan secara daring, Selasa (8/6).