XL Axiata gelar uji coba 5G dan WiGig pertama di Indonesia

Oleh: Lely Maulida - Senin, 20 Agst 2018 16:15 WIB

XL Axiata menggelar uji coba layanan berbasis 5G dan Wireless Gigabit (WiGig) di kawasan Kota Tua, Jakarta bersama Kemenkominfo dan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta

XL Axiata menggelar uji coba layanan berbasis 5G dan Wireless Gigabit (WiGig) di kawasan Kota Tua, Jakarta. Program ini diselenggarakan berkat kerjasama XL Axiata dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. 

Teknologi 5G dan WiGig dalam praktiknya diterapkan pada sejumlah aktiviats pengelolaan lingkungan perkotaan. Tak hanya itu, teknologi WiGig yang disokong Facebook juga memungkinkan pengunjung fasilitas XL Axiata di Kota Tua, merasakan internet berkecepatan tinggi.

Beberapa demo dalam uji coba ini diantaranya penerapan 5G pada pengelolaan sampah, pengelolaan taman, pemelihataan kebersihan sungai. Sementara WiGig diterapkan pada kamera surveillance (CCTV) dan internet berkecepatan tinggi secara gratis di sekitar area demo di Kota Tua.

"Yang kami uji cobakan 5G dan WiGig internet super cepat. Karena kebutuhan akses yang cepat di DKI. Dan masalah-masalah di kota besar seperti kemacetan, air bersih dan konektivitas," kata Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata dalam sambutan peluncuran uji coba 5G di Jakarta.

Sementara itu, Direktur Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini menuturkan teknologi 5G akan mampu menjadi jawaban kebutuhan ketersediaan infrastruktur layanan data  berkualitas hingga ke pelosok daerah.