Xiaomi Mi 10T, memang Entertainment Flagship

Oleh: Tek ID - Rabu, 09 Des 2020 07:06 WIB

Keunggulan layar Mi 10T jika dibandingkan dengan Mi 10 adalah refresh rate yang dimilikinya. Ponsel terbaru buatan Xiaomi ini mampu mendukung refresh rate hingga 144 Hz.

Hari kamis (8/12), Xiaomi  meluncurkan ponsel terbaru mereka ke pasar Indonesia, yaitu Mi 10T. Dilihat dari namanya, ponsel tersebut agak mirip seperti Xiaomi Mi 10 yang beberapa waktu lalu secara resmi meluncur ke di Indonesia. Dari segi prosesor, kedua ponsel tersebut hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 865. Tentu saja ada perbedaan lainnya, salah satunya adalah konfigurasi kamera. Berikut ulasannya.

Desain

Berbicara seputar desain, perbedaan yang paling menonjol adalah pinggiran layarnya. Mi 10T tidak dilengkapi dengan tepian melengkung seperti Mi 10. Hal ini kemungkinan besar karena Mi 10T masih menggunakan panel layar LCD berbasis IPS, sedangkan Mi 10 menggunakan layar berbasis teknologi Super AMOLED. Sebagai informasi, layar AMOLED akan lebih mudah dibuat melengkung karena tidak memiliki penerangan latar.

Penggunaan layar yang berbeda pada masing-masing ponsel tersebut juga berimbas pada kualitas warna dan kontrasnya. Layar Mi 10 memiliki kualitas warna yang lebih baik jika dibandingkan dengan Mi 10T. Meski demikian, jika tidak dibandingkan dengan teknologi AMOLED (atau OLED), layar Mi 10T juga terlihat baik karena memiliki warna yang cukup cerah untuk panel LCD yang berbasis penerangan LED.

Berbeda dengan Mi 10, kini Xiaomi memasang sensor sidik jari Mi 10T terintegrasi pada tombol daya yang ada di sisi sebelah kanan. Sebagai pengingat, Mi 10 memiliki sensor sidik jari yang terintegrasi pada layarnya. Ya, sekali lagi, ini dikarenakan oleh teknologi layar yang digunakannya. Untuk saat ini, panel layar LCD ponsel yang ada di pasar belum bisa disematkan oleh sensor sidik jari.

Editor