Xendit umumkan pendanaan Seri-C, incar pasar Asia Tenggara

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 15 Sep 2021 19:03 WIB

Xendit umumkan pendanaan Seri-C dan menargetkan masuk pasar Asia Tenggara serta membantu perkembangan UMKM di Indonesia.

Xendit baru saja mengumumkan perolehan pendanaan Seri-C senilai Rp2,1 triliun dari beberapa investor yang tergabung di Tiger Global Management. Dengan pendanaan ini, mereka menargetkan mengembangkan bisnisnya di luar Indonesia.

Pendanaan kali ini didapatkan dari beberapa ventura besar, seperti Accel, Amasia, dan Goat Capital yang dimiliki oleh Justin Kan. Startup asal Indonesia ini pun menargetkan untuk membawa layanan mereka ke beberapa negara.

Para punggawa Xendit mengatakan hal ini penting dilakukan karena saat ini semua kegiatan pembayaran sudah mulai beralih ke platform digital. “Kami sedang melihat pergeseran besar-besar ke ranah digital yang dilakukan hampir semua pelaku usaha, baik pemilik toko kecil di Instagram, sampai perusahaan-perusahaan terbesar di Indonesia. Semua usaha kini harus bisa hadir secara digital,” ujar Moses Lo, Founder dan CEO Xendit. 

“Infrastruktur pembayaran digital Xendit memungkinkan para pelaku usaha baru di kawasan Asia Tenggara untuk dapat menerima pembayaran dengan lebih cepat, dan mendukung para perusahaan besar dengan layanan finansial modern kelas dunia.”

Di Indonesia sendiri, Xendit mengatakan telah melihat peningkatan penggunaan layanan dengan pesat. Pertumbuhan fintech ini memang tidak terlihat secara langsung oleh masyarakat Indonesia, karena memang Xendit menggandeng berbagai perusahaan besar untuk menggunakan solusi mereka.