Wuling Air ev resmi mengaspal, harga enggak sampai Rp300 juta

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 12 Agst 2022 16:56 WIB

Pihak Wuling secara resmi telah meluncurkan Wuling Air ev, kendaraan ev terjangkau mereka di acara GIIAS 2022. Harga yang ditawarkan cukup menarik, tak sampai Rp300 juta.

GIIAS 2022 tampaknya akan menjadi salah satu ajang dimana para perusahaan kendaraan konvensional untuk beralih ke kendaraan hybrid, bahkan ke kendaran listrik. Namun, yang menjadi masalah di Indonesia adalah kendaraan tipe tersebut, biasanya memiliki harga jual yang tinggi.

Hal ini dikarenakan saat ini, para produsen kendaraan memposisikan kendaraan hybrid dan listrik sebagai kendaraan “mewah”. Tapi, Wuling melihat kesempatan ini dan secara berani memproduksi sebuah kendaraan listrik yang sangat terjangkau.

Kendaraan tersebut mereka beri nama sebagai Wuling Air ev. Dan yang makin spesial lagi, kendaraan ini secara resmi diperkenalkan di Asia, pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Tapi, seberapa murah kendaraan listrik terbaru dari Wuling ini?

Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani mengatakan, kendaraan ev kompak ini memiliki harga sub Rp300 juta-an saja. Hal ini sangat kontras dengan kendaraan listrik lain yang sudah mengaspal di Indonesia, yang rata-rata memiliki harga antara Rp500 juta hingga Rp1 miliar.

Wuling memang tampaknya dapat menekan harga dengan melakukan produksi secara langsung di Indonesia. Selain dapat menekan harga kendaraan, kelebihan perakitan kendaraan di dalam negeri juga kemungkinan akan lebih cocok dengan situasi cuaca dan keadaan di Asia.