WFH ubah Google Classroom dan Zoom bagai primadona

Oleh: Erlanmart - Senin, 23 Mar 2020 15:58 WIB

Ketika banyak sekali orang yang melakukan kerja atau belajar di rumah, menjadikan beberapa platform aplikasi sangat diandalkan, yakni Google Class dan Zoom.

Source: Pexels

Di tengah merebaknya penyebaran virus corona (Covid-19) di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia, banyak sekolah dan universitas yang mewajibkan para siswa atau mahasiswanya untuk belajar di rumah. Tentu saja kegiatan belajar di rumah akan lebih lancar jika ada platform pendukungnya. Metode ini juga memungkinkan para siswa terus aktif mendapatkan materi selama tidak ke sekolah.

Salah satu platform yang hadir untuk membantu kegiatan para siswa dan guru ketika sedang melakukan kegiatan belajar/mengajar di rumah masing-masing adalah Google Classroom melalui G Suite dari Google. Menggunakan platform ini, para guru akan lebih mudah mengelola tugas. Selain itu, guru juga dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, dan melihat semuanya di satu tempat.

Google Classroom bisa dibilang suatu sistem manajemen pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyediakan bahan pelajaran, ujian yang terintegrasi penilaian, dan semacamnya. Pembelajaran yang dimaksud bukan hanya di kelas saja, tetapi juga di luar kelas karena siswa dapat melakukan proses pembelajaran di manapun dan kapan pun. Namun dalam kasus saat ini, adalah di dalam rumah.

Dengan penyiapan dan integrasi yang sederhana bersama G Suite untuk pendidikan, Classroom mempermudah tugas yang berulang dan membantu guru untuk lebih berfokus pada tugas terpentingnya, yaitu mengajar. Para guru juga dapat melacak kemajuan para siswa untuk mengetahui di mana dan kapan harus memberikan masukan tambahan.

Tidak berhenti di situ, para guru dan siswa bisa mengandalkan alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite dan Google Classroom bernama Hangouts Meet. Dengan demikian, baik guru dan para murid dapat melanjutkan proses belajar mengajar dari jarak jauh di rumah. Cara memulai menggunakan tool konferensi video ini, cukup siapkan link dan bagikan kepada murid.