Ulang tahun ke-30, ini kata pencipta World Wide Web soal internet

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 13 Mar 2019 08:22 WIB

Ilmuwan pembuat World Wide Web, Tim Berners-Lee mengungkapkan pandangannya terhadap internet dalam ulang tahun ke-30 dari The Web.

world wide web (Pixabay)

Tepat pada 12 Maret 2019, World Wide Web alias ‘The Web’ merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Fungsi dari The Web ini adalah sebagai ruang informasi tempat dokumen dan sumber daya web lainnya, yang diidentifikasi oleh Uniform Resource Locators (URL).

Sedikit kilas balik, The Web pertama kali diciptakan oleh ilmuwan asal Inggris yang bernama Tim Berners-Lee. Pengerjaan dari pembuatan The Web ini sudah dia lakukan pada pertengahan 1980.

Meski begitu, dia harus melalui beberapa regulator sebelum pada akhirnya bisa menerapkan sistem tersebut pada 1988. Mulai saat itulah, era penggunaan internet yang menggunakan “WWW” dimulai.

Baru-baru ini, Tim memberikan komentar mengenai situasi internet di zaman ini. Dia pun memberikan tanggapannya dalam sebuah surat terbuka ke organisasi Web Foundation. 

"Hari ini, 30 tahun setelah proposal asli saya untuk sistem manajemen informasi, separuh dunia sedang online. Ini momen untuk merayakan seberapa jauh kita datang, tetapi juga kesempatan untuk merenungkan sejauh mana kita belum melangkah," kata Tim, seperti dikutip dari laman Techradar (13/3/2019).

Tag