UL Benchmarks hapus smartphone yang pakai MediaTek dari daftar PCMark

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 16 Apr 2020 13:59 WIB

UL Benchmark sebenarnya tidak mempermasalahkan adanya opsi mode performa, asalkan sesuai dengan peraturan benchmark yang mereka berikan.

Source: Google

Menyusul kontroversi kecurangan benchmark yang dilakukan MediaTek beberapa waktu lalu, UL Benchmark akhirnya menyatakan menghapus smartphone yang menggunakan chipset MediaTek dari daftar skor benchmark dari aplikasi PCMark. Tidak tanggung-tanggung, dalam pernyataan yang diterima Tek.id melalui email, UL Benchmark menghapus skor lebih dari 50 perangkat dari 25 vendor berbeda. 

Untuk diketahui, UL Benchmark merupakan pengembang yang mengembangkan beberapa aplikasi benchmark, baik di PC maupun mobile. Beberapa aplikasi populer yang disediakan UL adalah PCMark dan 3DMark untuk PC serta PCMark dan 3DMark untuk smartphone. Dari kedua aplikasi itu, temuan sebelumnya menyebut kalau MediaTek mencurangi pengujian pada aplikasi PCMark. 

Namun, tidak semua perangkat dengan chipset MediaTek dihapus dari daftar skor PCMark. Hanya perangkat dengan chipset MediaTek Helio G90, G70, P95, P90, P65, P60, P20 dan  A22 saja yang dihapus dari daftar tersebut. Selebihnya, smartphone dengan chipset MediaTek lain masih terdapat di daftar peringkat PCMark. 

Untuk pengingat, beberapa waktu lalu, MediaTek kedapatan mencurangi hasil benchmark sintetis PCMark. Hal ini pertama kali ditemukan oleh AnandTech. Skor PCMark Helio P95 berhasil mengalahkan MediaTek Dimensity 1000L, yang notabene menggunakan arsitektur lebih baru yang seharusnya memiliki performa lebih baik.