Uji coba monetisasi Facebook Reels diperluas untuk kreator Indonesia

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 25 Mar 2023 08:03 WIB

Facebook perluas uji coba monetisasi Facebook Reels di Indonesia, di mana kreator dapat menayangkan iklan di video pendek tersebut.

Facebook memperluas kesempatan monetisasi bagi para kreator melalui hampir seluruh bagian yang ada di platform-nya. Fitur berbagi video pendeknya, Facebook Reels, juga telah diuji coba untuk dapat menayangkan iklan dan ini diperluas untuk kreator di Indonesia.

"Kali ini kita sudah melakukan uji coba untuk menayangkan iklan di Reels dan ini termasuk di Indonesia, akan kita lebih perluas lagi uji coba untuk monetisasi di Reels," kata Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator Asia Tenggara Meta Indonesia dalam pertemuan media di Jakarta, Jumat (24/3).

Menempatkan iklan di Reels membuka peluang monetisasi yang baik bagi kreator. Sebab, Reels terus menunjukkan tren pertumbuhan yang positif di Facebook, menurut perusahaan. Data global Meta menunjukkan bahwa jumlah Reels yang ditonton di Facebook and Instagram meningkat dua kali lipat tahun lalu.

Uji coba fitur iklan di Reels telah dilakukan di beberapa negara termasuk Indonesia. Ini memungkinkan kreator yang memenuhi syarat untuk mendapatkan uang dengan menempatkan iklan langsung di Facebook Reels mereka yang dibagikan secara publik. Pengikut kreator dapat melihat iklan ini sambil menikmati Reels.

Adapun, jenis iklan di Facebook Reels dibagi menjadi dua, yaitu iklan overlay dan iklan post-loop. Iklan overlay ditampilkan secara otomatis di bagian bawah konten Reels dalam bentuk satu spanduk statis atau karosel gambar yang dapat muncul di awal Reels.