Tren belanja Q3 2022: kategori Rumah Tangga paling dicari

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 29 Sep 2022 16:27 WIB

Laporan Tokopedia Q3 2022 menyebutkan kategori Rumah Tangga menjadi kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama periode tersebut.

Tokopedia baru saja membagikan tren belanja di platform-nya sepanjang kuartal III 2022. Laporan menyebutkan kategori Rumah Tangga menjadi kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama periode tersebut.

Setelah Rumah Tangga, Makanan dan Minuman menduduki posisi kedua, yang mencakup mie instan, susu bubuk, serta biskuit dan wafer. Keempatnya merupakan produk yang paling sering dibeli. Sementara produk paling laris selanjutnya berasal dari kategori Kesehatan, antara lain masker, obat herbal, dan vitamin. 

“Tokopedia mencatat Rumah Tangga, Makanan dan Minuman (Makmin), serta Kesehatan menjadi beberapa kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama kuartal III 2022,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Tokopedia juga mengungkapkan wilayah dengan pertumbuhan penjual dan transaksi paling tinggi, berkat inisiatif Hyperlocal. Untuk diketahui, Hyperlocal adalah teknologi geo-tagging yang mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

Adapun wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi terletak di Banyuasin (Sumatra Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat), dan Balikpapan (Kalimantan Timur). Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi, yaitu Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan).