Toyota desain ulang Mirai demi saingi Tesla

Oleh: Lely Maulida - Sabtu, 12 Okt 2019 09:58 WIB

Toyota Mirai baru ini didesain ulang dengan tampilan yang sporty dengan wheelbase yang lebih panjang.

(Foto: Car and Driver)

Toyota Motor meluncurkan sedan cell bertenaga hidrogen yang didesain ulang. Upaya ini dilakukan guna menghidupkan kembali permintaan untuk teknologi niche yang disebut-sebut akan menjadi mainstream.

Vendor mobil terbesar Jepang itu telah mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen selama lebih dari dua dekade. Namun teknologinya tersaingi oleh meningkatnya kendaraan listrik yang ditopang baterai, seperti yang ditawarkan Tesla. 

Jelang berlangsungnya Tokyo Motor Show pada 24 Oktober, Toyota meluncurkan prototipe sedan hidrogen baru yang dibangun pada platform yang sama dengan LS coupe besutan Lexus. Model Toyota Mirai yang baru menawarkan jangkauan kemudi yang lebih lama ketimbang pendahulunya. Kendaraan ini sepenuhnya dirancang ulang dengan bahan bakar cell dan tanki hidrogen. 

"Kami ingin membuat mobil yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan, bukan hanya karena mobil itu ramah lingkungan... Kami menginginkan sesuatu yang menyenangkan untuk dikendarai," kata Yoshikazu Tanaka, Chief Engineer Toyota Mirai baru.

Toyota Mirai baru ini didesain ulang dengan tampilan yang sporty dengan wheelbase yang lebih panjang dan kerangka mobil yang lebih rendah. Ini jelas merupakan peningkatan bagi kendaraan tersebut ketimbang Mirai generasi pertama.