Tokopedia sukses mempercepat pemerataan ekonomi digital di Indonesia

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 11 Okt 2019 10:01 WIB

Pencapaian ini terjadi berkat kolaborasi yang terjalin antara penjual, pembeli dan mitra bisnis perusahaan. 

Foto: Lely/ Tek.id

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) mempublikasikan hasil penelitiannya terkait Tokopedia. Riset itu menyebutkan Tokopedia sukses mempercepat pemerataan ekonomi digital di Indonesia. Hal ini bahkan diklaim telah dirasakan oleh masyarakat di hampir seluruh wilayah di Tanah Air.

Pencapaian ini terjadi berkat kolaborasi yang terjalin antara penjual, pembeli dan mitra bisnis perusahaan. Selain mampu menambah angka angkatan kerja, Tokopedia juga diprediksi akan berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian sebesar 1,5% Indonesia di tahun ini. Menanggapi hasil riset ini, Co-founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan bahwa kunci keberhasilan perusahaannya adalah membantu orang lain untuk berhasil.

"Kita enggak pernah berpikir berkompetisi jualan barang. Tapi kita melahirkan inovasi untuk membantu mitra bertransformasi ke digital. Kita juga putra daerah, kita melihat ibu kota lebih kejam dari ibu tiri. Kalau ini terus terjadi, Jakarta akan makin padat. Jika kita enggak hati-hati, pulau Jawa akan kehabisan air bersih. Ini masalah sosial dan lingkungan hidup. Bagi kami, pemerataan ekonomi itu sakral, pedagang desa harus bisa berdagang secara nasional," katanya. 

Berikut hasil riset LPEM FEB UI yang dipaparkan di Djakarta Theater  (10/10).

Berkontribusi 1,5% pada perekonomian Indonesia