Tokopedia catat perubahan tren belanja Ramadan saat pandemi

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Kamis, 04 Jun 2020 13:30 WIB

Selama pandemi berlangsung, Tokopedia mengungkapkan bahwa terdapat perubahan tren belanja saat bulan Ramadan.

Source: iconlogovector

Sepanjang Ramadan, Tokopedia telah berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah dan pegiat usaha lokal dari berbagai industri. Ini menghasilkan berbagai program, antara lain #SatuDalamKopi, #FestivalSantapanLezat, #BanggaBuatanIndonesia, dan lainnya.

“Kolaborasi ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring dapat kembali beroperasi lewat kanal daring; demi mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi, sesuai dengan fokus kampanye Tokopedia #JagaEkononomiIndonesia,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

Upaya bersama tersebut mengundang tingginya antusiasme masyarakat dalam merayakan Ramadan walau di tengah pandemi. Hal ini tampak dari beberapa temuan menarik Tokopedia terkait tren belanja masyarakat sepanjang Ramadan.

Data internal Tokopedia menyebutkan bahwa kategori Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, Kesehatan dan Elektronik menjadi empat kategori paling populer selama Ramadan. Pada kategori Makanan dan Minuman, diketahui bahwa buah kurma, olahan daging, buah-buahan seperti jeruk dan alpukat, hingga kopi kemasan merupakan produk yang paling banyak dibeli. 

Sebelumnya Tokopedia juga telah menggandeng lebih dari 1.000 pelaku usaha kopi lokal melalui #SatuDalamKopi. Klinik Kopi dan Dua Coffee adalah contoh yang terus berupaya beradaptasi di tengah pandemi, mulai dengan mempercepat adopsi digital hingga menyesuaikan varian produk. Kini lebih dari 80% penjualan mereka berasal dari pemesanan online lewat Tokopedia.