Tokopedia bagikan tren peluang usaha 2021

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 06 Mar 2021 10:03 WIB

Tokopedia mencatat daftar kategori yang penjualannya meningkat selama 2020 dan memprediksi tren peluang usaha di 2021

Source: Tokopedia

Tokopedia mencatat, terdapat peningkatan penjual di platform-nya selama masa pandemi. Pada Januari 2020, perusahaan mencakup 7,2 juta penjual, dan terus meningkat selama setahun terakhir hingga saat ini terdapat 10 juta mitra penjual. Angka ini juga menandakan kesadaran para pelaku UMKM terhadap ekonomi digital, dengan mengubah bisnisnya ke platform marketplace.

“Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi. Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” kata Ekhel Chandra Wijaya, External Communication Senior Lead Tokopedia.

Perusahaan mengklaim, kategori Food & Beverages menjadi yang paling populer menjelang akhir 2020. Peningkatan transaksi juga mencapai lebih dari 3x lipat pada kategori ini. Ekhel menambahkan, menjual makanan siap masuk dapat menjadi peluang usaha saat ini. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari, termasuk madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras. Selain makanan dan minuman, berikut tren dan peluang bisnis 2021 berdasarkan data dari Tokopedia.

  • Kecantikan dan Perawatan tubuh

Meski beraktivitas seharian di rumah, alat kecantikan tampaknya masih dibutuhkan, terlebih produk-produk perawatan tubuh. Tokopedia mencatat, transaksi pada kategori ini meningkat 2x di akhir 2020.

Salah satu mitra penjual lokal Gentle Hour turut mengalami kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggannya hingga ke Papua.