Tips jualan jelang Ramadhan 2023 dari Tokopedia

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 23 Feb 2023 22:39 WIB

Tokopedia mengimbau kepada para mitra, merchant, dan seller di platform agar menjadikan Ramadan 2023 sebagai momen untuk memaksimalkan dan mengkapitalisasi penjualannya.

Pemerintah belum secara resmi menetapkan awal Ramadan 2023, namun diperkirakan akan jatuh di penghujung bulan Maret. Selain merupakan momen ibadah bagi umat Islam dan liburan bersama keluarga, bulan Ramadan juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh pelaku bisnis di Indonesia.

Tokopedia, salah satu ecommerce dalam negeri, mengungkapkan tren pengguna selama Ramadan 2022 menunjukkan peningkatan dari bulan sebelumnya, dalam berbagai aspek. Terjadi peningkatan lebih dari 50% untuk jumlah product page view dan lebih dari 77% peningkatan pesanan.

Oleh sebab itu, berdasarkan data tersebut, Tokopedia mengimbau kepada para mitra, merchant, dan seller di platform agar menjadikan Ramadan 2023 sebagai momen untuk memaksimalkan dan mengkapitalisasi penjualannya. Tokopedia Marketing Solution, yang menawarkan solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia, menyarankan fitur promosi sebagai strategi utama.

“Sepanjang Ramadan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%,” jelas Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi.

Penggunaan Tap Tap Kotak dan Tokopedia Play merupakan bagian dari strategi pemasaran yang saat ini dikenal sebagai shoppertainment. Selain melalui shoppertainment, Edwin juga menyarankan kepada seller untuk selalu mengaktifkan fitur Bebas Ongkir dan beragam pilihan pengiriman instan.