sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Kamis, 23 Feb 2023 22:39 WIB

Tips jualan jelang Ramadhan 2023 dari Tokopedia

Tokopedia mengimbau kepada para mitra, merchant, dan seller di platform agar menjadikan Ramadan 2023 sebagai momen untuk memaksimalkan dan mengkapitalisasi penjualannya.

Tips jualan jelang Ramadhan 2023 dari Tokopedia

Pemerintah belum secara resmi menetapkan awal Ramadan 2023, namun diperkirakan akan jatuh di penghujung bulan Maret. Selain merupakan momen ibadah bagi umat Islam dan liburan bersama keluarga, bulan Ramadan juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh pelaku bisnis di Indonesia.

Tokopedia, salah satu ecommerce dalam negeri, mengungkapkan tren pengguna selama Ramadan 2022 menunjukkan peningkatan dari bulan sebelumnya, dalam berbagai aspek. Terjadi peningkatan lebih dari 50% untuk jumlah product page view dan lebih dari 77% peningkatan pesanan.

Oleh sebab itu, berdasarkan data tersebut, Tokopedia mengimbau kepada para mitra, merchant, dan seller di platform agar menjadikan Ramadan 2023 sebagai momen untuk memaksimalkan dan mengkapitalisasi penjualannya. Tokopedia Marketing Solution, yang menawarkan solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia, menyarankan fitur promosi sebagai strategi utama.

“Sepanjang Ramadan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%,” jelas Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi.

Penggunaan Tap Tap Kotak dan Tokopedia Play merupakan bagian dari strategi pemasaran yang saat ini dikenal sebagai shoppertainment. Selain melalui shoppertainment, Edwin juga menyarankan kepada seller untuk selalu mengaktifkan fitur Bebas Ongkir dan beragam pilihan pengiriman instan.

Hal ini karena lebih dari setengah dari total pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir. Ini menunjukkan banyak pelanggan menggunakan fitur promosi tersebut sebelum menyelesaikan transaksi. Menghadirkan lebih banyak metode pengiriman seperti pengiriman same day, instan, instan, next day, kurir toko, atau kargo juga disarankan kepada para seller.

Strategi terakhir yang tidak kalah oentjngnta untuk pelaku bisnis di Tokopedia dalam menyambut Ramadan 2023 adalah mengetahui tanggal-tanggal penting. Masih berdasarkan riset tren Ramadan 2022, masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya. Untuk itu, seller sudah dapat mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang.

Selain itu, periode setelah Tunjangan Hari Raya (THR) turun juga patut diwaspadai, karena pada saat itu pencarian dan pembelian di ecommerce akan melonjak. Jika puasa ditetapkan sekitar 21 Maret, maka minggu pertama Ramadan juga dapat dijadikan tanggal penting karena berdekatan dengan waktu gajian.

Edwin menambahkan, integrasi Tokopedia dengan unit bisnis lain dalam ekosistem GoTo juga membantu menguatkan solusi yang ditawarkan untuk penjual. "Kami akan terus berupaya membantu pelaku bisnis dari berbagai skala untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia dan ekosistem GoTo demi membantu pemerataan ekonomi secara digital.”

Share
×
tekid
back to top