Tips bangun startup dari Grab dan Tokopedia

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 16 Jul 2019 09:25 WIB

Ternyata menurut Grab dan Tokopedia, tidak ada resep paten untuk membangun sebuah startup yang akan berhasil di masa depan.

Ilustasi Membangun Startup (Pexels)

Dewasa ini, para muda mudi di Indonesia mulai menumbuhkan ketertarikan mereka untuk membangun startup mereka sendiri. Sayang, tidak sampai setengah dari mereka yang gagal dalam membangun usaha mereka sendiri.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk membuat startup sendiri dalam waktu dekat ini, tim Tek.id memiliki beberapa tips untuk membangun startup dari beberapa pemain besar seperti Grab dan Tokopedia pada saat tampil di acara Selular Congress yang diadakan pada Senin (15/7/2019) di jakarta.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, “Tidak ada yang namanya resep paten yang akan membuat sebuah startup yang berhasil. Semuanya harus memakai cara yang sama.”

Yang pertama sebelum memulai membangun startup adalah mencari persoalan yang dapat dipecahkan di sekitar kita. Co-founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison mengatakan bahwa dia dan William membangun Tokopedia untuk membantu para pedagang kecil untuk ‘naik kelas’.

Yang kedua adalah fokus terhadap konsumen yang ingin disasar. “Kita harus membangun aplikasi yang tepat bagi target kita. Kalau membangun platform untuk banyak elemen, harus juga dibedakan antara mana GUI untuk pengguna, mana untuk mitra dari jasa kita,” kata Ridzki.