Tips atasi dan menghindari peretasan akun

Oleh: Lely Maulida - Sabtu, 22 Agst 2020 11:19 WIB

Peretasan memang hal yang tidak dapat sepenuhnya dihindari mengingat penjahat siber memanfaatkan berbagai celah. Berikut tips mengatasi dan menghindari peretasan akun.

Source: Pexels

Peretasan memang hal yang tidak dapat sepenuhnya dihindari mengingat penjahat siber memanfaatkan berbagai celah untuk melancarkan aksinya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan upaya preventif agar terhindari dari peretasan. 

Sayangnya jika Anda justru terdampak peretasan, berbagai data mungkin terganggu bahkan tak dapat lagi diakses sebagaimana  biasanya. Hal ini juga dapat terjadi pada berbagai akun email, media sosial maupun akun lainnya. Lantas bagaimana mengatasi peretasan tersebut? Berikut tips mengatasi dan menghindari peretasan akun menurut Kaspersky.

Jika akun sudah diretas dan tidak dapat melakukan login sama sekali

Dalam banyak kasus, pengguna pertama kali mengetahui mereka telah diretas adalah karena tidak dapat masuk ke dalam akun mereka. Ini disebabkan, karena hal pertama yang dilakukan peretas adalah mengubah kata sandi, mengunci korban, dan mendapatkan kendali penuh atas akun yang telah dicuri.

Jangan panik terlebih dahulu, karena masih ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Penting untuk melakukan semuanya dengan cepat dan memprioritaskan tindakan.